Minggu, 07 Juli 2013

Model Raport Siswa Menyesuaikan Kurikulum 2013

Menyesuaikan perubahan kurikulum 2013 mendatang, bentuk laporan hasil belajar siswa (raport) akan berubah mengikuti perkembangan yang ada.

Hal ini disampaikan M Nuh, Mendikbud, di Hotel Garden Palace Surabaya, Minggu (9/12/2012). Menurutnya bentuk perubahan itu akan disesuaikan dengan kompetensi siswa.

Kompetensi siswa tersebut berupa sikap, ketrampilan dan pengetahuan. "Tiga masalah itu yang akan di jalani siswa dan mendapat nilai sebagai bahan laporan nilai," katanya, ketika membuka uji publik kurikulum 2013.

Dari tiga masalah tersebut akan menyangkut lima hal masing masing pengamatan, pertanyaan, daya nalar, percobaan, dan jejaring individu. Dari tiga pengembangan diri inilah guru akan bisa memberikan nilai kepada siswanya.

Jadi intinya nilai raport siswa nanti tak akan sama lagi dengan yang ada sekarang ini.Kalao sekarang ini nilai hanya berdasar pada nilai kognitif siswa sedangkan mulai 2013 akan berdasar pada aspek aspek tersebut.

M Nuh mengatakan tidak semua jenjang kelas mengalami perubahan raport siswa. Namun perubahan ini hanya berlaku untuk siswa kelas I,IV,VII dan X. Artinya jenjang kelas di luar itu tetap akan memakai pola lama.

Hanya untuk model penilaian ini nanti diharapkan tak membuat guru, siswa dan orang tua cemas. Sebab Kemendikbud telah menyiapkan buku pegangan bagi siswa dan guru. Artinya panduan untuk penilaian tersebut sudah disiapkan dari pusat.

[Download] Model Raport Sekolah Dasar

Tulisan terkait:
  1. Skala Nilai Pada Rapor Kurikulum 2013
  2. Contoh Buku Rapor SD Kurikulum 2013

4 komentar:

  1. semoga kurikulum 2013 menjadikan peserta didik menjadi insan yang kreatif n religius..

    BalasHapus
  2. Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013

    ARDA 2013 (Aplikasi Raport Tingkat Dasar)

    Kunjungi Blog Saya http://ardas2013.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. ARDAS 2.0 (aplikasi raport tingkat dasar)

    http://ardas2013.blogspot.com/

    Aplikasi Untuk membantu pembelajaran kurikulum 2013

    BalasHapus