EVALUASI DIRI SEKOLAH
NOMOR STATISTIK SEKOLAH
1
|
0
|
1
|
0
|
3
|
0
|
4
|
0
|
6
|
0
|
1
|
4
|
EVALUASI DIRI SEKOLAH
NAMA SEKOLAH : SD NEGERI 1 SOKANANDI
NPSN : 20304509
STATUS SEKOLAH : NEGERI
ALAMAT : JL. TENTARA PELAJAR 33
KELURAHAN : SOKANANDI
KECAMATAN : BANJARNEGARA
KABUPATEN : BANJARNEGARA
PROVINSI : JAWA TENGAH
Untuk membaca EDS lebih lanjut silahkan klik di sini.
KURIKULUM SEKOLAH
DOKUMEN - I
PEMERINTAH KABUPATEN BANJARNEGARA
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA
KURIKULUM
SD NEGERI 1 SOKANANDI
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
SEKOLAH DASAR NEGERI 1
SOKANANDI
KECAMATAN BANJARNEGARA
KABUPATEN BANJARNEGARA
Alamat: Jalan Tentara
Pelajar Nomor 33 Sokanandi Banjarnegara 53413
e-mail:
sokansa_bna@yahoo.com
Tahun 2011
LEMBAR PENGESAHAN
Dengan memperhatikan
pertimbangan komite sekolah dengan ini Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi disahkan
untuk dipedomani dalam penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri 1 Sokanandi pada
tahun pelajaran 2011/ 2012.
Ditetapkan
di Banjarnegara
Tanggal 13 Juli 2011
Kepala
Sekolah,
Ketua
Komite SD Negeri 1 Sokanandi
Slamet Muqodam Sujadi, S. Pd., M. M.
NIP
19710807 199303 1 005
Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga
Kabupaten Banjarnegara
Winarso Wiwit Sulistyo, S.
Sos., M. M.
NIP 19551208
197812 1 001
KATA PENGANTAR
Segala puji-pujian hanyalah milik Allah
SWT, Dia-lah dzat yang telah berkenan melimpahkan segala anugerah sehingga
kami, Tim Pengembang Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi, dapat menyelesaikan Revisi
dan Pengembangan Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi untuk penyelenggaraan
pendidikan pada Tahun 2010/ 2011 ini.
Revisi dan Pengembangan Kurikulum SD
Negeri 1 Sokanandi tetap mengacu pada Standar Isi dan Standar Kelulusan yang
tertuang pada Permendiknas Nomor 22 dan 23 Tahun 2006. Pada prinsipnya
Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi yang telah digunakan pada tahun sebelumnya
sudah sesuai, namun perlu ada penyempurnaan dan penyesuaikan terkait dengan
kebijakan-kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah sebagai penyempurnaan dan
kelengkapan kebijakan sebelumnya.
Selesainya Revisi dan Pengembangan Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi
ini tentu karena adanya peran
dari berbagai pihak, oleh karena itu kami sampaikan ucapkan terima kasih
kepada:
1.
Tim
Pendampingan SNP LPMP Jawa Tengah yang telah mengarahkan dan menyediakan
instrumen pengkajian kurikulum sehingga kami dapat mengevaluasi, merevisi, dan
mengembangkan kurikulum ini;
2.
Dinas
Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Banjarnegara, melalui Bidang TK dan
SD-Seksi Kurikulum yang telah memfasilitasi telaah kurikulum;
3.
Tim
Pengembang Kurikulum Kabupaten Banjarnegara dan Tim pengembang Kurikulum
Kecamatan Banjarnegara yang tidak pernah bosan melayani konsultasi kami dalam
penyempurnaan kurikulum ini;
4.
Komite
SD Negeri 1 Sokanandi yang dengan kepahamannya tentang kondisi masyarakat dan
sekolah telah memberikan berbagai masukan dan berbagai pertimbangan;
5.
Tim
Pengembang Kurikulum Sekolah yang secara maraton terus bekerja sehingga
evaluasi, revisi, dan pengembangan kurikulum ini dapat selesai dengan cepat;
6.
Semua
warga sekolah dan semua pihak yang tidak kami sebut satu per satu yang telah
mendukung dan memperlancar pelaksanaan evaluasi, revisi, dan pengembangan
kurikulum ini.
Kurikulum ini dipedomani dalam
penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri 1 Sokanandi untuk Tahun Pelajaran 2011/
2012 dan seterusnya dengan dilakukan evaluasi setiap akhir tahun pelajaran
desertai dengan revisi-revisi pada bagian-bagian yang tertentu. Kami sangat
berterima kasih apabila ada yang berkenan memberikan masukan dan/ atau
tanggapan demi penyempurnaan kurikulum ini di tahun-tahun berikutnya.
Banjarnegara, 13 Juli 2011
Kepala SD Negeri 1 Sokanandi
Sujadi, S. Pd., M. M.
NIP. 19710807 199303 1 005
DAFTAR ISI
LEMBAR
PENGESAHAN...............................................
KATA
PENGANTAR........................................................
DAFTAR ISI.....................................................................
BAB I
PENDAHULUAN..................................................
A.
Latar Belakang...................................................................
B.
Tujuan Pengembangan Kurikulum
SD Negeri 1 Sokanandi..
C.
Perinsip Pengembangan Kurikulum.....................................
D.
Pengertian Istilah.................................................................
BAB II
TUJUAN PENDIDIKAN......................................
A.
Tujuan Pendidikan Dasar.....................................................
B.
Visi SD Negeri 1 Sokanandi...............................................
C.
Misi SD Negeri 1 Sokanandi..............................................
D.
Tujuan SD Negeri 1 sokanandi............................................
BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM....
A.
Mata Pelajaran...................................................................
B.
Muatan Lokal.....................................................................
C.
Pengembangan Diri.............................................................
D.
Pengaturan Beban Belajar...................................................
E.
Ketuntasan Belajar..............................................................
F.
Kenaikan Kelas..................................................................
G.
Kelulusan............................................................................
H.
Pendidikan Kecakapan Hidup.............................................
I.
Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal
dan Global..............
BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN...............................
BAB V
PENUTUP.............................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Keinginan serius pemerintah dalam mewujudkan
pendidikan yang bermutu di negeri ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Di dalam undang-undang tersebut
tersurat penyelenggaraan pendidikan dengan Manajemen Berbasis sekolah (MBS)
dengan kurikulum yang disesuaikan dengan potensi, budaya, dan keunggulan daerah
dengan tetap mengikuti tuntutan globalisasi dalam bidang pendidikan. Selain
itu, Pemerintah juga mengeluarkan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Otonomi Daerah menuntut
pelaksanaan dan penyelenggaran otonomi daerah dan wawasan demokrasi dalam
penyelenggaraan pendidikan. Dengan Undang-Undang Otonomi Daerah ini,
penyelenggaraan pemerintah termasuk di dalamnya penyelenggaraan pendidikan
beralih dari sentralisasi menjadi desantrialisasi.
Langkah nyata dalam pelaksanaan undang-undang tersebut adalah segera
dilakukannya desentralisasi. Desentralisasi dalam pengelolaan pendidikan
diharapkan dapat segera memenuhi kebutuhan dan merubah kondisi daerah. Dalam
desentralisasi ini, satuan pendidikan diberi kewenangan untuk menyiapkan
kurikulum sendiri dengan harapan lebih dapat mengakses potensi yang ada di
sekitarnya dengan tetap berwawasan global.
Kurikulum yang merupakan
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu menjadi lebih nyata dan sinkron
dengan kondisi yang ada untuk dioptimalkan dan dipadukan dengan tuntutan
nasional dan global. Oleh karena itu, kurikulum yang disusun oleh satuan
pendidikan dipandang lebih berdaya guna dan lebih mengakomodir kondisi dan
potensi satuan pendidikan beserta lingkungannya.
Kurikulum yang dimaksud adalah KurikulumTingkat Satuan Pendidikan
(KTSP). Agar KTSP yang beragam dari setiap satuan pendidikan dapat terjamin
dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional, KTSP harus tetap mengacu pada
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan. Delapan Standar nasional Pendidikan yang tertuang pada PP
tersebut tiga diantaranya adalah Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan
(SKL), dan Standar Proses. Ketiga standar tersebut yang menjadi acuan utama
dalam penyusunan KTSP.
Dengan tetap berpedoman pada acuan nasional, sekolah dalam menyusun
KTSP dengan leluasa dapat lebih menyesuaikan dengan kebutuhan siswa, tuntutan
lingkungan, keadaan sekolah, dan kondisi daerah dengan peluang perkembangannya.
Dalam mengimplementasikan SI dan SKL, sekolah diberikan kewenangan untuk
mengembangakan indikator yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, kondisi
sekolah, dan lingkungan.
Oleh karena itu, Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi ini disusun dalam
rangka menyiapkan penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri 1 Sokanandi.
Kurikulum ini benar-benar menyiapkan penyelenggaraan pendidikan dengan
mengoptimalkan potensi yang ada di SD Negeri 1 Sokanandi. Sehingga, dengan
pengembangan kurikulum sendiri ini diharapkan dapat memberi kesempatan peserta
didik untuk: (1) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
(2) belajar untuk memahami dan menghayati, (3) belajar untuk mampu melaksanakan
dan berbuat secara efektif, (4) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk
orang lain, dan (5) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui
proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Kurikulum ini disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum SD Negeri 1
Sokanandi dengan mempertimbangkan berbagai masukan dari Komite Sekolah.
Pengembangan kurikulum ini di dasarkan pada: (1) berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya; (2)
beragam dan terpadu; (3) tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,
dan seni; (4) relevan deengan kebutuhan kehidupan; (5) menyeluruh dn
berkesinambungan; (6) belajar sepanjang hayat; (dan (7) seimbang antara
kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
Dengan kewenangan yang diberikan pemerintah kepada satuan pendidikan
ini, kurikulum lebih memberikan kelulasaan bagi sekolah untuk menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan
sekolah, dan kondisi daerah. Dengan demikian, sekolah dapat dengan leluasa dan
tepat sasaran dalam menyiapkan rancangan dan pelaksanaan dalam penyelenggaraan
pendidikannya. Sekolah juga dapat dengan tepat dalam merancanmg pembelajaaran
yang lebih bermakna bagi peserta didik dan lingkungannya.
B. Tujuan Pengembangan Kurikulum
SD Negeri 1 Sokanandi
1.
Tujuan Umum
Secara umum Pengembangan Kurikulum SD
Negeri 1 Sokanandi ini bertujuan untuk memberikan acuan kepada kepala sekolah,
guru, dan tenaga kependidikan lainnya yang ada di SD Negeri 1 Sokanandi dalam
megembangkan dan melaksanakan program sekolah.
2.
Tujuan Khusus
Tujuan khusus
penyusunan kurikulum ini adalah:
a. menyiapkan pengaturan kegiatan penyelenggaraan
pedidikan di sekolah yang berimbang antara kepentingan nasional, kepentingan
daerah, dan kepentingan lokal;
b.
menyiapkan pedoman penyelenggaraan pembelajaran
yang akomodatif dan prospektif;
c. menyiapkan acuan bagi pendidik untuk melaksanakan
pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi peserta didik , serta
pembelajaran yang inovatif dan efektif;
d.
menyiapkan terlaksananya pembelajaran yang bersifat
mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas, efektif,
menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan.
C. Prinsip Pengembangan
KTSP
1. Berpusat pada potensi, perkembangan,
kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
Kurikulum
dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral
untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi
peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan
kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan. Memiliki posisi
sentral berarti kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik.
2. Beragam dan terpadu
Kurikulum
dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik,
kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak
diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status
sosial ekonomi, dan jender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib
kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun
dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antarsubstansi.
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni
Kurikulum
dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum
memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Pengembangan kurikulum dilakukan
dengan melibatkan pemangku kepentingan
(stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan,
termasuk di dalamnya kehidupan
kemasyarakatan, dunia usaha dan
dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan
berpikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan
vokasional merupakan keniscayaan.
5. Menyeluruh dan berkesinambungan
Substansi
kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran
yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antarsemua jenjang
pendidikan.
6. Belajar sepanjang hayat
Kurikulum
diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta
didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan
antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan
lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan
kepentingan daerah
Kurikulum
dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah
untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kepentingan
nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan
dengan motto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI).
D.
Pengertian Istilah
1. Kurikulum
Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan
pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
2. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
KTSP adalah kurikulum
operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan
pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan,
struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan,
dan silabus.
3. Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi
Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi adalah KTSP yang
disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi untuk pedoman
penyelenggaraan pembelajaran di SD Negeri 1 Sokanandi.
4. Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu
dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi
, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus
merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi
untuk penilaian. Contoh silabus terdapat pada lampiran
5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Perencanaan proses
pembelajaran meliputi silabus dan
rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan
pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian
hasil belajar. Contoh rencana pelaksanaan pembelajaran SD Negeri 1 Sokanandi
terdapat pada Lampiran
A. Tujuan Pendidikan
Dasar
Tujuan pendidikan dasar adalah
meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
B. Visi SD
Negeri 1 Sokanandi
”Menjadi
sekolah yang terpercaya dalam pelayanan dan pembimbingan, kompetitif dalam
prestasi, serta akuntabel dan transparan dalam pengelolaan”
C. Misi SD Negeri 1 Sokanandi
Misi yang akan
dilaksanana SD Negeri 1 Sokanandi dalam mencapai visi tersebut adalah:
a.
D. Tujuan SD Negeri 1 Sokanandi
Dengan visi dan
misi di atas tujuan SD Negeri 1 Sokanandi adalah:
a. terwujudnya pelayanan
dan bimbingan kepada seluruh peserta didik;
b. terwujudnya pelayanan
kepada masyarakat yang ramah dan memuaskan;
c. terwujudnya penyediaan
sarana pembelajaran yang memadai dan berorientasi pada upaya peningkatan mutu
dan life skill (laboratorium MIPA, laboratorium TIK, laboratorium
bahasa, arena pengembangan kreativitas siswa);
d. terwujudnya
peningkatan mutu pembelajaran yang mendidik, mencerdaskan, membangkitkan
aktivitas dan kreativitas, efektif, menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan;
e. terwujudnya pendidikan
karakter melalui kegiatan pengembangan diri dan pembiasaan;
f. terwujudnya
peningkatan bimbingan prestasi peserta didik melalui kegiatan pengembang diri
ekstra kurikuler;
g. terwujudnya
sekolah yang memenuhi 8 standar nasional dengan nilai akreditasi A.
BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. Struktur
Kurikulum
Struktur
kurikulum merupakan pola dan
susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan
pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Susunan mata pelajaran tersebut terbagi
dalam lima kelompok, yaitu: (1) kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
(2) kelompok mata kewarganegaraan dan kepribadian; (3) kelompok mata ilmu
pengetahuan dan teknologi, (4) kelompok mata estetika; (5) kelompok mata jasmani,
olahraga, dan kesehatan.
Tabel 1: Cakupan Kelompok Mata Pelajaran
No
|
Kelompok Mata Pelajaran
|
Cakupan
|
1.
|
Agama dan Akhlak Mulia
|
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup
etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
|
2.
|
Kewarganega-raan dan Kepribadian
|
Kelompok mata pelajaran
kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan
wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya
sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk
wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap
hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup,
kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum,
ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan
nepotisme.
|
3.
|
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
|
Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD Negeri 1 Sokanandi
dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan
dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah
yang kritis, kreatif dan mandiri.
|
4.
|
Estetika
|
Kelompok mata pelajaran estetika
dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan
kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan
mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi,
baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri
hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan
kebersamaan yang harmonis.
|
5.
|
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Kelompok mata pelajaran jasmani,
olahraga dan kesehatan pada SD Negeri 1 Sokanandi dimaksudkan
untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran
hidup sehat.
|
Struktur kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi meliputi substansi
pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan minimal selama enam
tahun mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI.
Struktur kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi disusun berdasarkan Standar Isi
dan Standar Kompetensi Lulusan, yaitu sebagai
berikut :
a.
Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi
memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri, serta program pendidikan budaya dan karakter
bangsa.
b.
Substansi mata pelajaran IPA dan
IPS merupakan ”IPA terpadu” dan ”IPS terpadu”
c.
Pembelajaran pada kelas I s.d III dilaksanakan
melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s.d VI dilaksanakan melalui
pendekatan mata pelajaran.
d.
Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit.
e.
Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua
semester) adalah 37 minggu.
Berdasarkan ketentuan tersebut di atas, tersusunlah Struktur
Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi sebagaimana pada tabel di bawah ini.
Tabel 2: Struktur Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi
Komponen
|
Kelas dan Alokasi Waktu |
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
|
A. Mata Pelajaran
|
||||||
1. Pendidikan Agama
|
3
|
3
|
3
|
|||
2. Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
|||
3. Bahasa Indonesia
|
5
|
5
|
5
|
|||
4. Matematika
|
5
|
5
|
6
|
|||
5. Ilmu Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
|||
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
3
|
3
|
3
|
|||
7. Seni Budaya dan
Keterampilan
|
4
|
4
|
4
|
|||
8. Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan.
|
4
|
4
|
4
|
|||
B. Muatan Lokal
1. Bahasa Jawa
2. Pendidikan Budi Pekerti Luhur
3. Bahasa
Inggris
|
2
1
2
|
2
1
2
|
2
1
2
|
|||
C.
Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
|||
Jumlah
|
30
|
31
|
32
|
36
|
36
|
36
|
B. Muatan Kurikulum
Muatan Kurikulum SD Negeri 1
Sokanandi meliputi meliputi 8 mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya
merupakan beban belajar bagi peserta didik pada SD Negeri 1 Sokanandi dan mengintegrasikan
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa di dalamnya. Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi juga
memuat muatan lokal dan pengembangan diri dalam struktur kurikulum.
1. Mata Pelajaran
Mata
Pelajaran pada Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi terdiri atas 8 mata pelajaran
sebagaimana uraian di bawah ini.
a. Pendidikan Agama
Tujuan:
1) menumbuhkembangkan akidah melalui
pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan,
pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi
manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah
SWT;
2) mewujudkan manuasia Indonesia yang taat
beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin
beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi
(tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan
budaya agama dalam komunitas sekolah.
b. Pendidikan Kewarganegaraan
Mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut.
1) Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif
dalam menanggapi isu kewarganegaraan
2) Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab,
dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara, serta anti-korupsi
3) Berkembang secara positif dan demokratis untuk
membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat
hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
4) Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam
percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi.
c. Bahasa Indonesia
Mata pelajaran Bahasa
Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1) Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai
dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2) Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3) Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya
dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4) Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan intelektual, serta kematangan
emosional dan sosial
5) Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk
memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan
dan kemampuan berbahasa
6) Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia
sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
d. Matematika
Mata pelajaran matematika bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1) Memahami konsep matematika, menjelaskan
keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara
luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2) Menggunakan penalaran pada pola dan sifat,
melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti,
atau menjelaskan gagasan dan pernyataan
matematika
3) Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan
memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan
menafsirkan solusi yang diperoleh
4) Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel,
diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
5) Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika
dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam
mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan
masalah.
e. Ilmu Pengetahuan Alam
Mata Pelajaran IPA di SD/MI bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1) Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
1) Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
2)
Mengembangkan pengetahuan dan
pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari
3)
Mengembangkan rasa ingin tahu,
sikap positip dan kesadaran tentang
adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat
4) Mengembangkan keterampilan proses
untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
5) Meningkatkan
kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara,
menjaga dan melestarikan lingkungan alam
6)
Meningkatkan
kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu
ciptaan Tuhan
7) Memperoleh
bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan
pendidikan ke SMP/MTs.
f. Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata pelajaran IPS bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1) Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan
masyarakat dan lingkungannya
2) Memiliki kemampuan dasar
untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan
dalam kehidupan sosial
3)
Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap
nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4) Memiliki
kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang
majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
g. Seni Budaya dan Ketrampilan
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1)
Memahami konsep dan pentingnya
seni budaya dan keterampilan
2)
Menampilkan sikap apresiasi
terhadap seni budaya dan keterampilan
3)
Menampilkan kreativitas melalui
seni budaya dan keterampilan
4)
Menampilkan peran serta dalam
seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
h. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut.
1) Mengembangkan keterampilan
pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani
serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang
terpilih
2) Meningkatkan pertumbuhan fisik
dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3) Meningkatkan kemampuan dan
keterampilan gerak dasar
4) Meletakkan landasan karakter
moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam
pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5)
Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama,
percaya diri dan demokratis
6)
Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang
lain dan lingkungan
7)
Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk
mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran,
terampil, serta memiliki
sikap yang positif.
2. Muatan
Lokal
Muatan Lokal
di SD Negeri 1 Sokanandi terdiri atas:
a. Bahasa Jawa
b. Budaya Banjarnegara (Budi
Pekerti Luhur)
c. Bahasa Inggris
3.
Pengembangan Diri
Pengembangan
diri di SD Negeri 1 Sokanandi meliputi kegiatan bimbingan dan konseling serta kegiatan
ekstrakurikuler yang terdiri atas:
1. Kepramukaan (wajib)
2. Teknologi Informasi dan
Komunikasi (wajib)
3. Keagamaan (pilihan)
4. Olahraga (pilihan)
5. Seni (pilihan)
4. Pengaturan
Beban Belajar
Pengaturan
Beban Belajar di SD Negeri 1 Sokanandi sebagai berikut :
Tabel 3: Pengaturan Beban Belajar SD Negeri 1 Sokanandi
Kelas
|
Satu Jam Pembelajaran
Tatap Muka (menit)
|
Jumlah Jam
Pembelajaran per-Minggu
|
Minggu Efektif
per-Tahun Pelajaran
|
Waktu Pembelajaran
(jam per-tahun)
|
I
|
35
|
30
|
36
|
1.080
|
II
|
35
|
31
|
36
|
1.116
|
III
|
35
|
32
|
36
|
1.152
|
IV
|
35
|
36
|
36
|
1.296
|
V
|
35
|
36
|
36
|
1.296
|
VI
|
35
|
36
|
36
|
1.296
|
5. Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar setiap
indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara
0-100.
Tabel 3: KKM SD Negeri 1 Sokanandi tahun Pelajaran 2011/ 2012
Komponen
|
KKM Kelas
|
Sekolah
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
A. Mata Pelajaran
|
|||||||
1. Pendidikan
Agama
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
2. Pendidikan
Kewarganegaraan
|
70
|
66
|
70
|
65
|
62
|
65
|
66
|
3. Bahasa
Indonesia
|
65
|
65
|
67
|
65
|
65
|
65
|
65
|
4. Matematika
|
65
|
64
|
65
|
60
|
62
|
60
|
63
|
5. Ilmu
Pengetahuan Alam
|
62
|
68
|
66
|
65
|
65
|
65
|
65
|
6. Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
60
|
67
|
66
|
62
|
62
|
60
|
63
|
7. Seni Budaya
dan Keterampilan
|
60
|
70
|
68
|
70
|
65
|
70
|
67
|
8. Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
B. Muatan Lokal
|
|||||||
1. Bahasa Jawa
2. Budaya Banjarnegara
a. Pendidikan Budi Pekerti
Luhur
2.`Bahasa Inggris
|
60
70
63
|
60
70
62
|
65
70
61
|
64
70
62
|
63
70
63
|
65
70
65
|
63
70
63
|
C. Pengembangan Diri
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
6. Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas
dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Kriteria dan penentuan kenaikan
kelas adalah sebagai berikut.
a. Kriteria kenaikan kelas
Peserta didik
dinyatakan naik kelas apabila:
1)
telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran
pada dua semester di kelas yang diikuti;
2)
aktif mengikuti KBM dengan tingkat kehadiran minimal
75% dari jumlah hari efektif yang diselenggarakan sekolah.
3)
memiliki nilai rapor pada
masing-masing mata pelajaran sekurang-kurangnya sama dengan KKM;
4)
tidak memiliki nilai rapor di bawah KKM pada 4 mata
pelajaran atau lebih;
5)
memiliki nilai minimal Baik untuk aspek
kepribadian pada semester yang diikuti;
6)
tidak memiliki catatan
pelanggaran norma dan disiplin yang menyebabkan citra buruk bagi sekolah.
b. Penentuan kenaikan kelas
Penentuan kenaikan kelas Peserta didik SD Negeri 1
Sokanandi ditetapkan pada rapat dewan guru yang kemudian dituangkan dalam
Keputusan Kepala Sekolah.
7. Kelulusan
Sesuai dengan
ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 Ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan
pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah:
a. Menyelesaikan seluruh program
pembelajaran;
b. Memperoleh nilai minimal baik
pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama
dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata
pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan
kesehatan;
c. Lulus ujian sekolah/madrasah
untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
d. Lulus Ujian Nasional
Kriteria dan Penentuan kelulusan
a. Kriteria kelulusan
Siswa SD Negeri 1 Sokanandi dapat dinyatakan lulus
apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:
1)
telah menempuh semua program
dari kelas I sampai dengan kelas VI dan memiliki nilai raport semester 1 sampai
dengan 12;
2)
mengikuti Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional
(UN) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA) dengan hasil nilai minimal yang diperoleh sesuai sekurang-kurang
sama dengan nilai minimal kelulusan yang ditetapkan sekolah.
b. Penentuan kelulusan
Penentuan
kelulusan peserta didik ditetapkan dalam rapat dewan guru dengan
mempertimbangkan kriteria di atas dan dituangkan dalam Keputusan Kepala
Sekolah.
8. Pendidikan Kecakapan Hidup
Pendidikan kecakapan hidup yang akan dikembangkan di
SD Negeri 1 adalah kecakapan mengoperasikan computer dan browsing internet
PROGRAM
PEMBELAJARAN KOMPUTER SD NEGERI 1 SOKANANDI
Kelas
|
Materi
|
I
|
1. Pengenalan bagian-bagian komputer
2. Games
|
II
|
1.
Menghidupkan dan mematikan dengan urutan yang benar
2. Games
|
III
|
1. Mengetik huruf dan angka
2. Games
|
IV
|
1. Mengetik surat
2. Games
|
V
|
1. Membuat dan mengetik surat
2. Membuat
kolom/tabel jadwal mata pelajaran
|
VI
|
1. Membuat surat
2. Menghitung
3. Pengenalan internet
|
9. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
SD Negeri 1 Sokanandi berencana mengembangkan pendidikan berbasis lokal dan
global dengan memprogramkan kegiatan pembibitan tanaman dan mengembangkan
kompetensi bahasa Inggris dan TIK sebagai bekal peserta didik untuk mengikuti
jenjang pendidikan berikutnya.
10. Pendidikan
Budaya dan Karakter Bangsa
SD
Negeri 1 Sokanandi mengimplementasikan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
melalui 3 pola, yaitu pengembangan melalui: (1) integrasi pada semua mata
pelajaran; (2) pengembangan diri; (3) budaya sekolah.
a. Nilai-Nilai Budaya dan Karakter Bangsa yang
Dikembangkan di SD Negeri 1 Sokanandi
1) Nilai Agama
2) Nasionalisme
3) Budaya
4) Tujuan Pendidikan Nasional
Secara utuh nilai-nilai budaya dan karakter bangsa
yang dikembangkan di SD Negeri 1 Sokanandi adalah sebagaimana tabel di bawah
ini:
Nilai-Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
SD Negeri 1 Sokanandi
NILAI
|
DESKRIPSI
|
1.
Religius
|
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya, toleran
terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama
lain.
|
2.
Jujur
|
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan
dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan,
dan pekerjaan.
|
3.
Toleransi
|
Sikap dan
tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat,
sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
|
4.
Disiplin
|
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai
ketentuan dan peraturan.
|
5.
Kerja Keras
|
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh
dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan
tugas dengan sebaik-baiknya.
|
6.
Kreatif
|
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk
menghasilkan cara atau hasil baru dari
sesuatu yang telah dimiliki.
|
7.
Mandiri
|
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung
pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
|
8.
Demokratis
|
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan
kewajiban dirinya dan orang lain.
|
9.
Rasa Ingin Tahu
|
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam
dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
|
10. Semangat Kebangsaan
|
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan
yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan
kelompoknya.
|
11. Cinta Tanah Air
|
Cara berfikir, bersikap, dan
berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi,
dan politik bangsa.
|
12. Menghargai Prestasi
|
Sikap dan tindakan yang
mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat,
dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
|
13. Bersahabat/
Komuniktif
|
Tindakan yang memperlihatkan
rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
|
14. Cinta Damai
|
Sikap, perkataan, dan tindakan
yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
|
15. Gemar Membaca
|
Kebiasaan menyediakan waktu
untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
|
16. Peduli Lingkungan
|
Sikap dan tindakan yang selalu
berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan
mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah
terjadi.
|
17. Peduli Sosial
|
Sikap dan tindakan yang selalu
ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
|
18. Tanggung-jawab
|
Sikap dan perilaku seseorang
untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,
terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya),
negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
|
b. Prinsip Pengembangan Pendidikan Budaya dan
Karakter Bangsa SD Negeri 1 Sokanandi
1) Berkelanjutan.
2) Pengintegrasian dalam semua mata pelajaran.
3) Dikembangkan melalui pengembangan diri.
4) Pembudayaan melalui pembiasaan.
BAB IV. KALENDER
PENDIDIKAN
Kalender pendidikan adalah pengaturan
waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran.
Kalender pendidikan mencakup permulaan
tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari
libur.
ANALISIS
HARI BELAJAR EFEKTIF
KALENDER
PENDIDIKAN SD NEGERI 1 SOKANANDI
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
|
||||||||||||||
Bulan
|
Semester
|
Hari
|
Jumlah
|
Kegiatan
|
||||||||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
Hari
|
||||||||
Juli
|
S E
M E S
T E R
I
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
15
|
Tanggal
12-14 masa orientasi bagi peserta didik baru
|
|||||
dan
kegiatan hari-hari pertama masuk sekolah
|
||||||||||||||
Agustus
|
5
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
22
|
Tanggal
10-12 libur awal Ramadhan
|
||||||
September
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
1
|
15
|
Tanggal
4-18 libur sebelum dan setelah Idul Fitri
|
||||||
Oktober
|
3
|
3
|
3
|
2
|
5
|
5
|
24
|
Tanggal
18-23 Ulangan Tengah Semester 1
|
||||||
Nopember
|
5
|
5
|
3
|
3
|
4
|
4
|
24
|
Tanggal
16-17 Libur Idul Adha
|
||||||
Tanggal 18
kegiatan pemotongan hewan qurban di sekolah
|
||||||||||||||
Desember
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
1
|
4
|
Tanggal
6-11 Ulangan Akhir Semester 1
|
||||||
Tanggal 18
penyerahan rapor
|
||||||||||||||
Tanggal
20-31 libur jeda semester
|
||||||||||||||
Jumlah
|
104
|
|||||||||||||
Bulan
|
Semester
|
Hari
|
Jumlah
|
Kegiatan
|
||||||||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
Hari
|
||||||||
Januari
|
S E M
E S T E R
II
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
25
|
Tanggal 1 Libur Tahun baru 2011
|
|||||
Pebruari
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
22
|
Tangga 3
Libur Tahun Baru Imlek 2562
|
||||||
Tanggal 16
Kegiatan Peringatan Maulid Nabi
|
||||||||||||||
Muhammad
Saw di Sekolah
|
||||||||||||||
Maret
|
4
|
5
|
5
|
5
|
4
|
3
|
26
|
Tanggal 5
Libur Hari Raya Nyepi
|
||||||
Tanggal
7-9 Ulangan Tengah Semester II
|
||||||||||||||
April
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
19
|
Tanggal 1
HUT SD Negeri 1 Sokanandi
|
||||||
Tanggal 22
Libur (wafat Isa Al Masih)
|
||||||||||||||
Mei
|
3
|
2
|
2
|
2
|
3
|
4
|
16
|
Tanggal
2 mengikuti Upacara Hardiknas
|
||||||
Tanggal
3-5 UASBN Utama
|
||||||||||||||
Tanggal
9-11 UASBN Susulan
|
||||||||||||||
Tanggal 17
Libur (Waisak Tahun 2555)
|
||||||||||||||
Tanggal
20 mengikuti Upacara Harkitnas
|
||||||||||||||
Juni
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
1
|
3
|
Tanggal
1-3 Tes Kompetensi Dasar
|
||||||
Libur
(kenaikan Isa Al masih)
|
||||||||||||||
Tanggal
6-11 Ulangan Kenaikan Kelas
|
||||||||||||||
Tanggal
18 Penyerahan Buku Laporan Pendidikan (Rapor)
|
||||||||||||||
Tanggal
19 Juni-10 Juli Libur Akhir Semester II
|
||||||||||||||
*)
Awal Tahun Pelajaran 2011/ 2012 tanggal 11 Juli 2011
|
||||||||||||||
Jumlah
|
111
|
|||||||||||||
BAB
V
PENUTUP
Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi ini
telah tersusun dengan penyempurnaan-penyempurnaan dari Kurikulum tahun
sebelumnya. Dengan demikian Tahun Pelajaran 2011/ 2012 penyelenggaraan
pendidikan di SD Negeri 1 Sokanandi akan menggunakan kurikulum ini sebagai acuan.
Dengan digunakannya Kurikulum SD
Negeri 1 Sokanandi Tahun Pelajaran 2011/ 2012 ini, SD Negeri 1 Sokanandi
diharapkan dapat menyelenggarakan pembelajaran di semua kelas yang memenuhi
standar proses sehingga kurikulum ini keberadaannya tidak hanya sebagai
dokumen.
Kami yakin kurikulum ini masih
memiliki kekurangan, oleh karena itu kami harapkan saran dan kritik membangun
dari para pembaca.
Dokumen 2 dapat didownload di sini.
SELAMAT UNTUK SDN.1 SOKANANDI SEMOGA SUKSES SEMOGA SDN.1 SOKANANDI MENJADI SEKOLAH YANG MELAHIRKAN ANAK YANG KREATIF DAN CERDAS SERTA BERGUNA BAGI NUSA BANGSA AMIN....AMIN SUKSES JUGA UNTUK SANG PEMIMPIN DAN KRU
BalasHapusSelamat dan Sukses untuk SDN 1 Sokanandi, Kepsek yang kreatif, dan seluruh guru
BalasHapusTrimakasih, semoga bermanfaat bagi Banjarnegara
HapusAssalamu’alaikum…
BalasHapusSukses untuk SDN 1 Sokanandi
Lancarjaya promotion Melayani pesanan tas dan dompet Bapak Djasmin al Amin Purwasaba RT.07/02,Mandiraja,Banjarnegara.Melayani pesanan tas seragam sekolah,tas laptop,tas wisuda,tas kantor,tas seminar,tas souvenir ,tas promosi,dan lain2.Terimakasih
hub.08122749188-085725093851
PIN BBM 7488C508
Kunjungi website kami di http://pesan-tas-promosi.blogspot.com
Wassalamu’alaikum