Kurikulum



EVALUASI DIRI SEKOLAH



NOMOR STATISTIK SEKOLAH
1
0
1
0
3
0
4
0
6
0
1
4




EVALUASI DIRI SEKOLAH

NAMA SEKOLAH      :  SD NEGERI 1 SOKANANDI
NPSN                          :  20304509
STATUS SEKOLAH   :  NEGERI
ALAMAT                    :  JL. TENTARA PELAJAR 33
KELURAHAN            :  SOKANANDI
KECAMATAN            :  BANJARNEGARA
KABUPATEN            :  BANJARNEGARA
PROVINSI                :  JAWA TENGAH


Untuk membaca EDS lebih lanjut silahkan klik di sini.


KURIKULUM SEKOLAH





DOKUMEN - I











PEMERINTAH KABUPATEN BANJARNEGARA
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA







KURIKULUM
SD NEGERI 1 SOKANANDI
TAHUN PELAJARAN 2011/2012







SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SOKANANDI
KECAMATAN BANJARNEGARA
KABUPATEN BANJARNEGARA
Alamat: Jalan Tentara Pelajar Nomor 33 Sokanandi Banjarnegara 53413
e-mail: sokansa_bna@yahoo.com

Tahun 2011

LEMBAR PENGESAHAN


Dengan memperhatikan pertimbangan komite sekolah dengan ini Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi disahkan untuk dipedomani dalam penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri 1 Sokanandi pada tahun pelajaran    2011/ 2012.




                                                                                  Ditetapkan di  Banjarnegara
                                                                                       Tanggal  13 Juli 2011
                                                                                           Kepala Sekolah,
       Ketua Komite SD Negeri 1 Sokanandi


                     Slamet Muqodam                                  Sujadi, S. Pd., M. M.
                                                                                 NIP 19710807 199303 1 005


Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga
Kabupaten Banjarnegara



Winarso Wiwit Sulistyo, S. Sos., M. M.
                                                      NIP 19551208 197812 1 001



KATA PENGANTAR



Segala puji-pujian hanyalah milik Allah SWT, Dia-lah dzat yang telah berkenan melimpahkan segala anugerah sehingga kami, Tim Pengembang Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi, dapat menyelesaikan Revisi dan Pengembangan Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi untuk penyelenggaraan pendidikan pada Tahun 2010/ 2011 ini.
Revisi dan Pengembangan Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi tetap mengacu pada Standar Isi dan Standar Kelulusan yang tertuang pada Permendiknas Nomor 22 dan 23 Tahun 2006. Pada prinsipnya Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi yang telah digunakan pada tahun sebelumnya sudah sesuai, namun perlu ada penyempurnaan dan penyesuaikan terkait dengan kebijakan-kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah sebagai penyempurnaan dan kelengkapan kebijakan sebelumnya.
Selesainya Revisi dan Pengembangan Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi ini tentu karena adanya peran dari berbagai pihak, oleh karena itu kami sampaikan ucapkan terima kasih kepada:
1.      Tim Pendampingan SNP LPMP Jawa Tengah yang telah mengarahkan dan menyediakan instrumen pengkajian kurikulum sehingga kami dapat mengevaluasi, merevisi, dan mengembangkan kurikulum ini;
2.      Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Banjarnegara, melalui Bidang TK dan SD-Seksi Kurikulum yang telah memfasilitasi telaah kurikulum;
3.      Tim Pengembang Kurikulum Kabupaten Banjarnegara dan Tim pengembang Kurikulum Kecamatan Banjarnegara yang tidak pernah bosan melayani konsultasi kami dalam penyempurnaan kurikulum ini;
4.      Komite SD Negeri 1 Sokanandi yang dengan kepahamannya tentang kondisi masyarakat dan sekolah telah memberikan berbagai masukan dan berbagai pertimbangan;
5.      Tim Pengembang Kurikulum Sekolah yang secara maraton terus bekerja sehingga evaluasi, revisi, dan pengembangan kurikulum ini dapat selesai dengan cepat;
6.      Semua warga sekolah dan semua pihak yang tidak kami sebut satu per satu yang telah mendukung dan memperlancar pelaksanaan evaluasi, revisi, dan pengembangan kurikulum ini.
Kurikulum ini dipedomani dalam penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri 1 Sokanandi untuk Tahun Pelajaran 2011/ 2012 dan seterusnya dengan dilakukan evaluasi setiap akhir tahun pelajaran desertai dengan revisi-revisi pada bagian-bagian yang tertentu. Kami sangat berterima kasih apabila ada yang berkenan memberikan masukan dan/ atau tanggapan demi penyempurnaan kurikulum ini di tahun-tahun berikutnya.

Banjarnegara, 13 Juli 2011
Kepala SD Negeri 1 Sokanandi




Sujadi, S. Pd., M. M.
NIP. 19710807 199303 1 005



DAFTAR ISI



LEMBAR PENGESAHAN...............................................
KATA PENGANTAR........................................................
DAFTAR ISI.....................................................................
BAB I PENDAHULUAN..................................................
A.    Latar Belakang...................................................................
B.     Tujuan Pengembangan Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi..
C.     Perinsip Pengembangan Kurikulum.....................................
D.    Pengertian Istilah.................................................................
BAB II TUJUAN PENDIDIKAN......................................
A.    Tujuan Pendidikan Dasar.....................................................
B.     Visi SD Negeri 1 Sokanandi...............................................
C.     Misi SD Negeri 1 Sokanandi..............................................
D.    Tujuan SD Negeri 1 sokanandi............................................
BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM....
A.    Mata Pelajaran...................................................................
B.     Muatan Lokal.....................................................................
C.     Pengembangan Diri.............................................................
D.    Pengaturan Beban Belajar...................................................
E.     Ketuntasan Belajar..............................................................
F.      Kenaikan Kelas..................................................................
G.    Kelulusan............................................................................
H.    Pendidikan Kecakapan Hidup.............................................
I.       Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global..............
BAB IV KALENDER PENDIDIKAN...............................
BAB V PENUTUP.............................................................

 
BAB I
PENDAHULUAN
 
A.  Latar Belakang
Keinginan serius pemerintah dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu di negeri ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Di dalam undang-undang tersebut tersurat penyelenggaraan pendidikan dengan Manajemen Berbasis sekolah (MBS) dengan kurikulum yang disesuaikan dengan potensi, budaya, dan keunggulan daerah dengan tetap mengikuti tuntutan globalisasi dalam bidang pendidikan. Selain itu, Pemerintah juga mengeluarkan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Otonomi Daerah menuntut pelaksanaan dan penyelenggaran otonomi daerah dan wawasan demokrasi dalam penyelenggaraan pendidikan. Dengan Undang-Undang Otonomi Daerah ini, penyelenggaraan pemerintah termasuk di dalamnya penyelenggaraan pendidikan beralih dari sentralisasi menjadi desantrialisasi.
Langkah nyata dalam pelaksanaan undang-undang tersebut adalah segera dilakukannya desentralisasi. Desentralisasi dalam pengelolaan pendidikan diharapkan dapat segera memenuhi kebutuhan dan merubah kondisi daerah. Dalam desentralisasi ini, satuan pendidikan diberi kewenangan untuk menyiapkan kurikulum sendiri dengan harapan lebih dapat mengakses potensi yang ada di sekitarnya dengan tetap berwawasan global.
  Kurikulum yang merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu menjadi lebih nyata dan sinkron dengan kondisi yang ada untuk dioptimalkan dan dipadukan dengan tuntutan nasional dan global. Oleh karena itu, kurikulum yang disusun oleh satuan pendidikan dipandang lebih berdaya guna dan lebih mengakomodir kondisi dan potensi satuan pendidikan beserta lingkungannya.
Kurikulum yang dimaksud adalah KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Agar KTSP yang beragam dari setiap satuan pendidikan dapat terjamin dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional, KTSP harus tetap mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Delapan Standar nasional Pendidikan yang tertuang pada PP tersebut tiga diantaranya adalah Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan Standar Proses. Ketiga standar tersebut yang menjadi acuan utama dalam penyusunan KTSP.
Dengan tetap berpedoman pada acuan nasional, sekolah dalam menyusun KTSP dengan leluasa dapat lebih menyesuaikan dengan kebutuhan siswa, tuntutan lingkungan, keadaan sekolah, dan kondisi daerah dengan peluang perkembangannya. Dalam mengimplementasikan SI dan SKL, sekolah diberikan kewenangan untuk mengembangakan indikator yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, kondisi sekolah, dan lingkungan.
Oleh karena itu, Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi ini disusun dalam rangka menyiapkan penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri 1 Sokanandi. Kurikulum ini benar-benar menyiapkan penyelenggaraan pendidikan dengan mengoptimalkan potensi yang ada di SD Negeri 1 Sokanandi. Sehingga, dengan pengembangan kurikulum sendiri ini diharapkan dapat memberi kesempatan peserta didik untuk: (1) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (2) belajar untuk memahami dan menghayati, (3) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (4) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan (5) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Kurikulum ini disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi dengan mempertimbangkan berbagai masukan dari Komite Sekolah. Pengembangan kurikulum ini di dasarkan pada: (1) berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya; (2) beragam dan terpadu; (3) tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; (4) relevan deengan kebutuhan kehidupan; (5) menyeluruh dn berkesinambungan; (6) belajar sepanjang hayat; (dan (7) seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
Dengan kewenangan yang diberikan pemerintah kepada satuan pendidikan ini, kurikulum lebih memberikan kelulasaan bagi sekolah untuk menyesuaikan  dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan kondisi daerah. Dengan demikian, sekolah dapat dengan leluasa dan tepat sasaran dalam menyiapkan rancangan dan pelaksanaan dalam penyelenggaraan pendidikannya. Sekolah juga dapat dengan tepat dalam merancanmg pembelajaaran yang lebih bermakna bagi peserta didik dan lingkungannya. 

B. Tujuan Pengembangan Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi
1.      Tujuan Umum
Secara umum Pengembangan Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi ini bertujuan untuk memberikan acuan kepada kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya yang ada di SD Negeri 1 Sokanandi dalam megembangkan dan melaksanakan program sekolah.
2.      Tujuan Khusus
Tujuan khusus penyusunan kurikulum ini adalah:
a.   menyiapkan pengaturan kegiatan penyelenggaraan pedidikan di sekolah yang berimbang antara kepentingan nasional, kepentingan daerah, dan kepentingan lokal;
b.      menyiapkan pedoman penyelenggaraan pembelajaran yang akomodatif dan prospektif;
c.   menyiapkan acuan bagi pendidik untuk melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi peserta didik , serta pembelajaran yang  inovatif dan efektif;
d.    menyiapkan terlaksananya pembelajaran yang bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas, efektif, menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan.

C. Prinsip Pengembangan KTSP
         1.   Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan. Memiliki posisi sentral berarti kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik.

         2.   Beragam dan terpadu
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan jender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antarsubstansi.

         3.   Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

         4.   Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan   melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan  kemasyarakatan, dunia usaha dan  dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi,  keterampilan  berpikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan vokasional merupakan keniscayaan.

         5.   Menyeluruh dan berkesinambungan
Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi,   bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antarsemua jenjang pendidikan.

         6.   Belajar sepanjang hayat
Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal, dan informal  dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.

         7.   Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

D.  Pengertian Istilah

1.   Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
2.   Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.
3.      Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi
Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi adalah KTSP yang disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi untuk pedoman penyelenggaraan pembelajaran di SD Negeri 1 Sokanandi.
4.   Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Contoh silabus terdapat pada lampiran

5.   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Contoh rencana pelaksanaan pembelajaran SD Negeri 1 Sokanandi terdapat pada Lampiran
BAB II. TUJUAN PENDIDIKAN

A. Tujuan Pendidikan Dasar
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

B.  Visi SD Negeri 1 Sokanandi
”Menjadi sekolah yang terpercaya dalam pelayanan dan pembimbingan, kompetitif dalam prestasi, serta akuntabel dan transparan dalam pengelolaan”

C. Misi SD Negeri 1 Sokanandi
Misi yang akan dilaksanana SD Negeri 1 Sokanandi dalam mencapai visi tersebut adalah:
a.      
D. Tujuan SD Negeri 1 Sokanandi
Dengan visi dan misi di atas tujuan SD Negeri 1 Sokanandi adalah:
a.       terwujudnya pelayanan dan bimbingan kepada seluruh peserta didik;
b.      terwujudnya pelayanan kepada masyarakat yang ramah dan memuaskan;
c.  terwujudnya penyediaan sarana pembelajaran yang memadai dan berorientasi pada upaya peningkatan mutu dan life skill (laboratorium MIPA, laboratorium TIK, laboratorium bahasa, arena pengembangan kreativitas siswa);
d.  terwujudnya peningkatan mutu pembelajaran yang mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas, efektif, menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan;
e.       terwujudnya pendidikan karakter melalui kegiatan pengembangan diri dan pembiasaan;
f.       terwujudnya peningkatan bimbingan prestasi peserta didik melalui kegiatan pengembang diri ekstra kurikuler;
g.      terwujudnya sekolah yang memenuhi 8 standar nasional dengan nilai akreditasi A.


BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM


A.  Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Susunan mata pelajaran tersebut terbagi dalam lima kelompok, yaitu: (1) kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; (2) kelompok mata kewarganegaraan dan kepribadian; (3) kelompok mata ilmu pengetahuan dan teknologi, (4) kelompok mata estetika; (5) kelompok mata jasmani, olahraga, dan kesehatan.

Tabel 1: Cakupan Kelompok Mata Pelajaran


No
Kelompok Mata Pelajaran
Cakupan
1.
Agama dan Akhlak Mulia
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2.
Kewarganega-raan dan Kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
3.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD Negeri 1 Sokanandi dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
4.
Estetika
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5.
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SD Negeri 1 Sokanandi dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.

Struktur kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan minimal selama enam tahun mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI.
Struktur kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi disusun berdasarkan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan, yaitu  sebagai berikut :
a.       Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri, serta program pendidikan budaya dan karakter bangsa.
b.      Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan ”IPA terpadu” dan ”IPS terpadu”
c.       Pembelajaran pada kelas I s.d III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s.d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
d.      Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit.
e.       Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 37 minggu.

Berdasarkan ketentuan tersebut di atas, tersusunlah Struktur Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi sebagaimana pada tabel di bawah ini.

Tabel 2: Struktur Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi
Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

 

 

I
II
III
IV
V
VI
A. Mata Pelajaran






1.    Pendidikan Agama



3
3
3
2.    Pendidikan Kewarganegaraan



2
2
2
3.    Bahasa Indonesia



5
5
5
4.    Matematika



5
5
6
5.    Ilmu Pengetahuan Alam



4
4
4
6.    Ilmu Pengetahuan Sosial



3
3
3
7.    Seni Budaya dan Keterampilan



4
4
4
8.    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.



4
4
4
B. Muatan Lokal
1. Bahasa Jawa
2.  Pendidikan Budi Pekerti Luhur
3.  Bahasa Inggris




2
1
2

2
1
2

2
1
2
C. Pengembangan Diri



2*)
2*)
2*)
Jumlah
30
31
32
36
36
36
B.  Muatan Kurikulum
Muatan Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi meliputi meliputi 8 mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada SD Negeri 1 Sokanandi dan mengintegrasikan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa di dalamnya. Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi juga memuat muatan lokal dan pengembangan diri dalam struktur kurikulum.

1.  Mata Pelajaran
Mata Pelajaran pada Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi terdiri atas 8 mata pelajaran sebagaimana uraian di bawah ini.
a.      Pendidikan Agama
Tujuan:
1)      menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2)      mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama  dan berakhlak mulia  yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

b.      Pendidikan Kewarganegaraan
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1)      Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
2)      Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi
3)      Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
4)      Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

c.       Bahasa Indonesia
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1)     Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2)  Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3)     Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4) Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5)      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6)      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

d.      Matematika
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1)      Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2)  Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan  matematika
3)  Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4) Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
5)     Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

e.       Ilmu Pengetahuan Alam
Mata Pelajaran IPA di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut. 
1)  Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
2)      Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3)      Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip  dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan,  teknologi dan masyarakat
4)    Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
5)    Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
6)      Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7)  Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.

f.       Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1)      Mengenal  konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan  masyarakat dan lingkungannya
2)      Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,  inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3)      Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4)      Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.

g.      Seni Budaya dan Ketrampilan
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1)      Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
2)      Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
3)      Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan
4)      Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.

h.      Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1)      Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
2)      Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3)      Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4)      Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5)      Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6)      Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7)      Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.

2.  Muatan Lokal
Muatan Lokal di SD Negeri 1 Sokanandi terdiri atas:
a. Bahasa Jawa
b.  Budaya Banjarnegara (Budi Pekerti Luhur)
c. Bahasa Inggris
3.  Pengembangan Diri
Pengembangan diri di SD Negeri 1 Sokanandi meliputi kegiatan bimbingan dan konseling serta kegiatan ekstrakurikuler yang terdiri atas:
1.  Kepramukaan (wajib)
2.  Teknologi Informasi dan Komunikasi (wajib)
3.  Keagamaan (pilihan)
4.  Olahraga (pilihan)
5.  Seni (pilihan)
4.   Pengaturan Beban Belajar
Pengaturan Beban Belajar di SD Negeri 1 Sokanandi sebagai berikut :

Tabel 3: Pengaturan Beban Belajar SD Negeri 1 Sokanandi
Kelas
Satu Jam Pembelajaran Tatap Muka (menit)
Jumlah Jam Pembelajaran per-Minggu
Minggu Efektif per-Tahun Pelajaran
Waktu Pembelajaran (jam per-tahun)
I
35
30
36
1.080
II
35
31
36
1.116
III
35
32
36
1.152
IV
35
36
36
1.296
V
35
36
36
1.296
VI
35
36
36
1.296

5.   Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100.

Tabel 3: KKM SD Negeri 1 Sokanandi tahun Pelajaran 2011/ 2012
Komponen
KKM Kelas
Sekolah
I
II
III
IV
V
VI
A. Mata Pelajaran







1.  Pendidikan Agama
65
65
65
65
65
65
65
2.  Pendidikan Kewarganegaraan
70
66
70
65
62
65
66
3.    Bahasa Indonesia
65
65
67
65
65
65
65
4.  Matematika
65
64
65
60
62
60
63
5.  Ilmu Pengetahuan Alam
62
68
66
65
65
65
65
6.  Ilmu Pengetahuan Sosial
60
67
66
62
62
60
63
7.  Seni Budaya dan Keterampilan
60
70
68
70
65
70
67
8.  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
70
70
70
70
70
70
70
B. Muatan Lokal







1. Bahasa Jawa
2. Budaya Banjarnegara
a.  Pendidikan Budi Pekerti Luhur
2.`Bahasa Inggris
60
70

63
60
70

62
65
70

61
64
70

62
63
70

63
65
70

65
63
70

63
C. Pengembangan Diri
B
B
B
B
B
B
B

6.   Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Kriteria dan penentuan kenaikan kelas adalah sebagai berikut.

a.      Kriteria kenaikan kelas
Peserta didik dinyatakan naik kelas apabila:
1)      telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti;
2)      aktif mengikuti KBM dengan tingkat kehadiran minimal 75% dari jumlah hari efektif yang diselenggarakan sekolah.
3)      memiliki nilai rapor pada masing-masing mata pelajaran sekurang-kurangnya sama dengan KKM;
4)      tidak memiliki nilai rapor di bawah KKM pada 4 mata pelajaran atau lebih;
5)      memiliki nilai minimal Baik untuk aspek kepribadian pada semester yang diikuti;
6)      tidak memiliki catatan pelanggaran norma dan disiplin yang menyebabkan citra buruk bagi sekolah.
b.      Penentuan kenaikan kelas
Penentuan kenaikan kelas Peserta didik SD Negeri 1 Sokanandi ditetapkan pada rapat dewan guru yang kemudian dituangkan dalam Keputusan Kepala Sekolah.
7.   Kelulusan
Sesuai dengan ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 Ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah:
a.  Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b.   Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan;
c.   Lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
d.  Lulus Ujian Nasional

Kriteria dan Penentuan kelulusan
a.    Kriteria kelulusan
Siswa SD Negeri 1 Sokanandi dapat dinyatakan lulus apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:
1)      telah menempuh semua program dari kelas I sampai dengan kelas VI dan memiliki nilai raport semester 1 sampai dengan 12;
2)      mengikuti Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan hasil nilai minimal yang diperoleh sesuai sekurang-kurang sama dengan nilai minimal kelulusan yang ditetapkan sekolah.

b.    Penentuan kelulusan
Penentuan kelulusan peserta didik ditetapkan dalam rapat dewan guru dengan mempertimbangkan kriteria di atas dan dituangkan dalam Keputusan Kepala Sekolah.

8.   Pendidikan Kecakapan Hidup
Pendidikan kecakapan hidup yang akan dikembangkan di SD Negeri 1 adalah kecakapan mengoperasikan computer dan browsing internet

PROGRAM PEMBELAJARAN KOMPUTER SD NEGERI 1 SOKANANDI
Kelas
Materi
I
1.   Pengenalan bagian-bagian komputer
2.   Games
II
1.  Menghidupkan dan mematikan dengan urutan yang benar
2.   Games
III
1.   Mengetik huruf dan angka
2.   Games
IV
1.   Mengetik surat
2.   Games
V
1.   Membuat dan mengetik surat
2.   Membuat kolom/tabel jadwal mata pelajaran
VI
1.   Membuat surat
2.   Menghitung
3.   Pengenalan internet

9. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global

SD Negeri 1 Sokanandi berencana mengembangkan pendidikan berbasis lokal dan global dengan memprogramkan kegiatan pembibitan tanaman dan mengembangkan kompetensi bahasa Inggris dan TIK sebagai bekal peserta didik untuk mengikuti jenjang pendidikan berikutnya.

10. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

SD Negeri 1 Sokanandi mengimplementasikan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa melalui 3 pola, yaitu pengembangan melalui: (1) integrasi pada semua mata pelajaran; (2) pengembangan diri; (3) budaya sekolah.

a.       Nilai-Nilai Budaya dan Karakter Bangsa yang Dikembangkan di SD Negeri 1 Sokanandi
1)   Nilai Agama
2)   Nasionalisme
3)   Budaya
4)   Tujuan Pendidikan Nasional

Secara utuh nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang dikembangkan di SD Negeri 1 Sokanandi adalah sebagaimana tabel di bawah ini:

Nilai-Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
SD Negeri 1 Sokanandi

NILAI
DESKRIPSI
1. Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama  yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2. Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3. Toleransi
Sikap dan  tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5. Kerja Keras
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6. Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari  sesuatu yang telah dimiliki.
7. Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8. Demokratis
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama  hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9. Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10.  Semangat Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
11.  Cinta Tanah Air
Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap bahasa,  lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12.  Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13.  Bersahabat/
       Komuniktif
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14.  Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15.  Gemar Membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16.  Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17. Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18.  Tanggung-jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

b.      Prinsip Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa SD Negeri 1 Sokanandi
1)   Berkelanjutan.
2)   Pengintegrasian dalam semua mata pelajaran.
3)   Dikembangkan melalui pengembangan diri.
4)   Pembudayaan melalui pembiasaan.

BAB IV. KALENDER PENDIDIKAN

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran. Kalender pendidikan mencakup  permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

ANALISIS HARI BELAJAR EFEKTIF
KALENDER PENDIDIKAN SD NEGERI 1 SOKANANDI
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Bulan
Semester
Hari 
Jumlah
Kegiatan
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
Hari
Juli
S  E  M  E  S  T  E  R    I
2
2
2
3
3
3
15
Tanggal 12-14 masa orientasi bagi peserta didik baru
dan kegiatan hari-hari pertama masuk sekolah

Agustus
5
3
3
3
4
4
22
Tanggal 10-12 libur awal Ramadhan


September
3
3
3
3
2
1
15
Tanggal 4-18 libur sebelum dan setelah Idul Fitri

Oktober
3
3
3
2
5
5
24
Tanggal 18-23 Ulangan Tengah Semester 1



Nopember
5
5
3
3
4
4
24
Tanggal 16-17 Libur Idul Adha
Tanggal 18 kegiatan pemotongan hewan qurban di sekolah
Desember
-
-
1
1
1
1
4
Tanggal 6-11 Ulangan Akhir Semester 1
Tanggal 18 penyerahan rapor
Tanggal 20-31 libur jeda semester

Jumlah
104


Bulan
Semester
Hari 
Jumlah
Kegiatan
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
Hari
Januari
S  E  M  E  S  T  E  R    II
5
4
4
4
4
4
25
Tanggal 1 Libur Tahun baru 2011

Pebruari
4
4
3
3
4
4
22
Tangga 3 Libur Tahun Baru Imlek 2562
Tanggal 16 Kegiatan Peringatan Maulid Nabi
Muhammad Saw di Sekolah
Maret
4
5
5
5
4
3
26
Tanggal 5 Libur Hari Raya Nyepi
Tanggal 7-9 Ulangan Tengah Semester II

April
3
3
3
3
3
4
19
Tanggal 1 HUT SD Negeri 1 Sokanandi
Tanggal 22 Libur (wafat Isa Al Masih)
Mei
3
2
2
2
3
4
16
Tanggal 2 mengikuti Upacara Hardiknas
Tanggal 3-5 UASBN Utama
Tanggal 9-11 UASBN Susulan
Tanggal 17 Libur (Waisak Tahun 2555)
Tanggal 20  mengikuti Upacara Harkitnas

Juni
-
-
1
-
1
1
3
Tanggal 1-3 Tes Kompetensi Dasar
Libur (kenaikan Isa Al masih)
Tanggal 6-11 Ulangan Kenaikan Kelas
Tanggal 18 Penyerahan Buku Laporan Pendidikan (Rapor)
Tanggal 19 Juni-10 Juli Libur Akhir Semester II
*) Awal Tahun Pelajaran 2011/ 2012 tanggal 11 Juli 2011
Jumlah
111


















BAB V
PENUTUP
 
Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi ini telah tersusun dengan penyempurnaan-penyempurnaan dari Kurikulum tahun sebelumnya. Dengan demikian Tahun Pelajaran 2011/ 2012 penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri 1 Sokanandi akan menggunakan kurikulum ini sebagai acuan.
Dengan digunakannya Kurikulum SD Negeri 1 Sokanandi Tahun Pelajaran 2011/ 2012 ini, SD Negeri 1 Sokanandi diharapkan dapat menyelenggarakan pembelajaran di semua kelas yang memenuhi standar proses sehingga kurikulum ini keberadaannya tidak hanya sebagai dokumen.
Kami yakin kurikulum ini masih memiliki kekurangan, oleh karena itu kami harapkan saran dan kritik membangun dari para pembaca.



Dokumen 2 dapat didownload di sini.






4 komentar:

  1. SELAMAT UNTUK SDN.1 SOKANANDI SEMOGA SUKSES SEMOGA SDN.1 SOKANANDI MENJADI SEKOLAH YANG MELAHIRKAN ANAK YANG KREATIF DAN CERDAS SERTA BERGUNA BAGI NUSA BANGSA AMIN....AMIN SUKSES JUGA UNTUK SANG PEMIMPIN DAN KRU

    BalasHapus
  2. Selamat dan Sukses untuk SDN 1 Sokanandi, Kepsek yang kreatif, dan seluruh guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih, semoga bermanfaat bagi Banjarnegara

      Hapus
  3. Assalamu’alaikum…
    Sukses untuk SDN 1 Sokanandi
    Lancarjaya promotion Melayani pesanan tas dan dompet Bapak Djasmin al Amin Purwasaba RT.07/02,Mandiraja,Banjarnegara.Melayani pesanan tas seragam sekolah,tas laptop,tas wisuda,tas kantor,tas seminar,tas souvenir ,tas promosi,dan lain2.Terimakasih
    hub.08122749188-085725093851
    PIN BBM 7488C508
    Kunjungi website kami di http://pesan-tas-promosi.blogspot.com
    Wassalamu’alaikum

    BalasHapus