Jumat, 09 November 2012

Program Green School, Upaya Menekan Tingkat Erosi di Banjarnegara


Sekretaris Daerah Drs. H. Fahrudin Slamet Susiadi, M.Si mengharapkan kepada kalangan pendidik di Kabupaten Banjarnegara untuk mau menyukseskan program dari Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, tentang Green School atau sekolah hijau.
Hal tersebut dikemukakan oleh Sekda dalam rapat koordinasi Kepala SMP/MTs, SMA/MA/SMK serta Kepala UPT. Dindikpora se Kabupaten yang berlangsung di ruang rapat Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara (Kamis 8 Oktober 2012).
Dikatakan, program Green School dengan moto “Satu siswa Satu pohon” secara serentak akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2012 bersamaan dengan peringatan Hari Menanam Nasional”. Dalam pelaksanaannya nanti, siswa kelas I sampai kelas III bisa menanam pohon di dalam pot, sedangkan siswa kelas IV sampai kelas VI diharapkan sudah bisa menanam jenis pohon keras.
Menurut Sekda, jika program ini berjalan, di Banjarnegara diharapkan akan ada jumlah tanaman baru sekitar 1 juta, sehingga tingkat erosi di daerah Kabupaten Banjarnegara yang cukup tinggi secara berangsur-angsur bisa teratasi. Adapun jenis pohon yang ditanam diharapkan jenis tanaman produktif dan disesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing.
Rapat koordinasi yang dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Drs. H. Muhdi, Sekretaris Dindikpora Drs. Sudarsono, M.Pd. juga membahas rencana pembangunan tempat ibadah di lingkungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara..
Menurut Sudarsono, pembangunan tempat ibadah dengan tiga lantai itu diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp 992 juta lebih. Adapun sumber dananya diharapkan berasal dari infaq sukarela keluarga besar Dindikpora se Kabupaten Banjarnegara.
Infaq secara sukarela tersebut diharapkan bisa dimulai pada bulan Desember 2012, sedangkan untuk pembangunan tempat ibadah akan dimulai jika dana infaq dianggap sudah mencukupi. (s.bag)

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar