RUBRIK
PENILAIAN KINERJA GURU
PETUNJUK
1.  
Kumpulkan dokumen perangkat pembelajaran dari guru
sebelum pengamatan pembelajaran,  cacatan
hasil pengamatan selama dan sesudah 
pembelajaran, serta cacatan kemajuan dan hasil belajar peserta didik. 
2. 
Baca dengan cermat butir penilaian kinerja dan
rubrik penilaian dan selanjutnya bandingkan hasil analisis dokumen sebelum
pengamatan pembelajaran,  cacatan hasil
pengamatan selama dan sesudah 
pembelajaran, serta cacatan kemajuan dan hasil belajar peserta didik,
untuk menetapkan butir penilian kinerja terpenuhi atau tidak.
3. 
Jika
masing-masing butir dalam
rubrik penilaian terpenuhi secara utuh, maka nyatakan dengan YA dengan memberi
tanda (√) dan jika masing-masing butir pernyataan tersebut hanya sebagian atau
tidak utuh terpenuhi maka nyatakan dengan TIDAK dengan memberi tanda (√).
I.  PERENCANAAN
PEMBELAJARAN
1.    Indikator Kinerja 1.1: Guru memformulasikan
tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai
dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik.
          Dokumen
yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan
lain-lain)
| 
BUTIR
  PENILAIAN KINERJA | 
RUBRIK
  PENILAIAN | 
| 
a.       Tujuan pembelajaran
  dirumuskan  dan dikembangkan
  berdasarkan SK/KD yang akan dicapai. | 
a.       Tujuan pembelajaran yang
  dirumuskan di RPP telah mencakup semua indikator ketercapaian hasil belajar.  | 
| 
b.      Tujuan pembelajaran memuat
  gambaran proses dan hasil belajar yang dapat dicapai oleh peserta didik
  sesuai dengan kebutuhan belajarnya | 
b.      Tujuan pembelajaran dalam RPP
  dirumuskan dengan kata kerja yang jelas (tidak menimbulkan penafsiran ganda),
  dapat dikerjakan (peserta didik dapat melakukannya) dan terukur (dapat
  dinilai hasilnya baik secara tertulis, lisan maupun bentuk hasil kerja
  peserta didik lainnya | 
| 
c.       Tujuan pembelajaran
  disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik | 
c.       Tujuan pembelajaran di RPP
  dijenjangkan sesuai dengan tingkat an kelas 
   | 
2.   Indikator  1.2 Guru menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual
dan mutakhir.
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan
lain-lain)
| 
BUTIR
  PENILAIAN KINERJA | 
RUBRIK
  PENILAIAN | 
| 
a.       Bahan ajar disusun dari yang
  sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai
  dengan tujuan pembelajaran | 
a.       Bahan ajar disusun dari yang
  sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai
  dengan tujuan pembelajaran | 
| 
b.      Keluasan dan kedalaman bahan
  ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik (termasuk yang cepat
  dan lambat,motivasi tinggi dan rendah) | 
b.      Keluasan dan kedalaman bahan
  ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik, misalnya peserta
  didik yang belajarnya cepat atau lambat, peserta didik yang memiliki motivasi
  tinggi dan rendah | 
| 
c.       Bahan ajar dirancang sesuai
  dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi. | 
c.       Bahan ajar dirancang sesuai
  dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi. | 
| 
d.      Bahan ajar dirancang dengan
  menggunakan sumber yang bervariasi (tidak hanya buku pegangan peserta didik) | 
d.      Bahan ajar dirancang dengan
  menggunakan sumber yang bervariasi aatau guru mengajar tidak hanya
  menggunakan buku pegangan peserta didik tetapi juga sumber-sumber lain yang
  relevan | 
3.   Indikator Kinerja 1.3: Guru merencanakan kegiatan
pembelajaran yang efektif
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan
lain-lain)
| 
BUTIR
   PENILAIAN KINERJA | 
RUBRIK
   PENILAIAN | 
| 
a.       Strategi, pendekatan, dan
  metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin
  dicapai /kompetensi harus dikuasai peserta didik. | 
a.       Strategi, pendekatan, dan
  metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin
  dicapai /kompetensi harus dikuasai peserta didik. | 
| 
b.      Strategi dan metode
  pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik | 
b.      Strategi dan metode
  pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik | 
| 
c.       Strategi dan metode
  pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif,
  afektif, dan psikomotor peserta didik. | 
c.       Strategi dan metode
  pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif,
  afektif, dan psikomotor peserta didik. | 
| 
d.      Setiap tahapan pembelajaran
  diberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat
  kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar  peserta didik. | 
d.      Setiap tahapan pembelajaran
  diberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat
  kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar  peserta didik | 
4.   
Indikator
Kinerja 1.4: Guru
memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi
pembelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan
lain-lain)
| 
BUTIR
  PENILAIAN KINERJA | 
RUBRIK
  PENILAIAN | 
| 
a.       Sumber belajar/media
  pembelajaran yang dipilih dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran
  atau kompetensi yang ingin dicapai (misalnya buku, modul untuk kompetensi
  kognitif; media audio visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan). | 
a.       Sumber belajar/media
  pembelajaran yang dipilih (misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif;
  media audio visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan)dapat dipakai
  untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai. | 
| 
b.      Sumber belajar/media
  pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta
  didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu
  senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana). | 
b.      Sumber belajar/media
  pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta
  didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu
  senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana). | 
| 
c.       Sumber belajar/media
  pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif,
  afektif, dan psikomotor peserta didik. | 
c.   Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan
  tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik. | 
II. PELAKSANAANKEGIATAN
PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
5.    
Indikator
Kinerja 2.1: Kemampuan Memulai Pembelajaran yang Efektif
Membuka Proses Pembelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan
lain-lain)
| 
BUTIR
  PENILAIAN KINERJA | 
RUBRIK
  PENILAIAN | 
| 
a.     Melakukan apersepsi | 
a.      
  mengaitkan
  materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
  pembelajaran sebelumnya (termasuk kemampuanprasyarat), mengajukan pertanyaan
  menantang, menyampaikanmanfaat materi pembelajaran, mendemonstrasikan
  sesuatuyang terkait dengan materi pembelajaran | 
| 
b.     Menyampaikan kompetensi yang
  akan dicapai dalam rencana kegiatan | 
b.     
  menyampaikan
  kemampuan yang akan dicapai dengan bahasa peserta didik, misalnya dengan
  mengatakan bahwa setelahpembelajaran selesai siswa dapat menjelaskan
  faktor-faktorpenyebab gempa bumi. Rencana kegiatan misalnya, individual,kerja
  kelompok, dan melakukan observasi | 
6.  
Indikator
Kinerja 2.2: Penguasaan Materi Pelajaran 
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, catatan
hasil wawancara dengan guru, dsb.
| 
BUTIR
   PENILAIAN KINERJA | 
RUBRIK
   PENILAIAN | 
| 
a.       Kemampuan menyesuiakan
  materi dengan tujuan pembelajaran. | 
a.       materi yang disampaikan
  sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan dalam RPP | 
| 
b.      materi
  yang disampaikan dikaitkan dengan bidang studi lainnya, misalnya mengaitkan
  aristmatik (operasi bilangan)dengan
  IPS (transaksi ekonomi). | |
| 
c.       Tingkat ketepatan
  pembahasan dengan materi pembelajaran. | 
c.       materi
  ajar sesuai dengan topik yang dibahas | 
| 
d.      Kemampuan
  menyajikan materi secara sistematis 
  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak) | 
d.      materi
  disampaikan secara sistematis  (mudah
  ke sulit, dari konkrit ke abstrak | 
7.  
Indikator
Kinerja 2.3: Pendekatan/Strategi  pembelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain),  catatan
hasil pengamatan pembelajaran, catatan hasil wawancara dengan peserta didik,
dsb.
| 
BUTIR
  PENILAIAN KINERJA | 
RUBRIK
  PENILAIAN | 
| 
a.      
  Melaksanakan
  pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai | 
a.       materi, strategi dan
  kegiatan belajar sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai  (kognitif, psikomotor, dan afektif) | 
| 
b.     
  Melaksanakan
  pembelajaran secara runtut | 
b.      Materi disajikan  sistematis dengan menggunakan stragi
  pembelajaran yang tepat | 
| 
c.      
  Menguasai
  kelas | 
c.       Perhatian peserta didik
  terfokus pada belajar, disiplin kelas terpelihara, dan kelas terkendali | 
| 
d.     
  Melaksanakan
  pembelajaran yang bersifat kontekstual | 
d.      materi ajar
  disampaikansesuai dengan kondisi kehidupan nyata dan memiliki manfaat dalam
  kehidupan sehari-hari peserta didik | 
| 
e.     
  Melaksanakan
  pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant
  effect) | 
e.      kegiatan belajar dapat
  mendorong kebiasaan peserta didik untuk bekerjasama, saling menghargai,
  bertanggung-jawab berpikir kritis, dsb. | 
| 
f.       
  Melaksanakan
  pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan | 
f.       
  pembelajaran dimulai dan diakhiri sesuai dengan
  alokasi waktu yang disediakan | 
8.     
Indikator
Kinerja 2.3: Pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, hasil
wawancara dengan siswa, dsb
| 
BUTIR
  PENILAIAN KINERJA | 
RUBRIK
  PENILAIAN | 
| 
a.      
  Menunjukkan
  keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran | 
a.      
  guru terampil
  memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar lainnya serta dapat menggunakan
  media pembelajaran (alat laboratorium, TIK, media lainnya)  untuk mencapai target sesuai dengan alokasi
  waktu | 
| 
b.     
  Menghasilkan
  pesan yang menarik  | 
b.     
  media
  yang digunakan dapat menusatkan perhatian peserta didik, sehingga pesan dapat
  ditangkap dengan jelas | 
| 
c.      
  Melibatkan
  siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran | 
c.      
  peserta
  didik dilibatkan dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media
  pembelajaran | 
9.     
Indikator
Kinerja 2.4: Pembelajaran yang memicu dan memelihara
keterlibatan  siswa
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media
Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamtan pembelajaran
| 
BUTIR
   PENILAIAN KINERJA | 
RUBRIK
   PENILAIAN | 
| 
a.      
  Menumbuhkan
  partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar | 
a.      
  kegiatan
  pembelajaran yang dilaksanakan mendorong interaksi aktif antara guru dengan
  peserta didik antar peserta didik secara mental, emosional, maupun fisik  | 
| 
b.      Merespon positif partisipasi
  siswa | 
b.     
  guru
  merespon positif terhadap aktifitas peserta didik (misalnya memberikan
  pujian, meminta peserta didik lain untuk menanggapi peserta didik lain,
  menegur yang melanggar disipilin tanpa harus merendah harga diri yang
  ditegur, dsb) | 
| 
c.      
  Menunjukkan
  sikap terbuka terhadap respons siswa  | 
c.      
  guru
  menghargai pendapat peserta didik, mengakui kebenaran dan mengakui
  keterbatasan diri peserta didik | 
| 
d.     
  Menunjukkan
  hubungan antarpribadi yang kondusif  | 
d.     
  menunjuk
  sikap ramah, luwes, hangat, sopan, 
  menghargai keragaman budaya dan latar belakang peserta didik | 
| 
e.      Menumbuhkan keceriaan dan
  antusisme siswa dalam belajar | 
e.      suasana belajar yang
  menyenang dan menarik | 
10.   
Indikator
Kinerja 2.4: Penggunaan bahasa
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media
Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb
| 
BUTIR
  PENILAIAN KINERJA | 
RUBRIK
  PENILAIAN | 
| 
a.      
  Menggunakan
  bahasa lisan secara jelas dan lancar  | 
a.      
  bahasa
  lisan yang digunakan guru mudah,jelas dan tidak menimbulkan salah tafsir
  serta dapat dimengerti oleh peserta didik sesuai tingkat perkembangannya | 
| 
b.     
  Menggunakan
  bahasa tulis yang baik dan benar  | 
b.     
  bahasan
  tulisan (misalnya RKS, soal, modul, dsb)
  yang digunakan  memenuhi kaidah bahasa
  yang benar, mudah,jelas dan tidak menimbulkan salah tafsir serta dapat
  dimengerti oleh peserta didik sesuai tingkat perkembangannya | 
| 
c.      
  Menyampaikan
  pesan dengan gaya yang sesuai | 
c.      
  informasi
  disampaikan dengan ekspresi wajah, intonasi suara, gerak tubuh sesuai dengan
  pesan yang disampaikan | 
11.    
Indikator
Kinerja 2.5: Kemampuan Mengakhiri Pembelajaran yang Efektif
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media
Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb
| 
BUTIR
  PENILAIAN KINERJA | 
RUBRIK
  PENILAIAN | 
| 
a.      
  Melakukan
  refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa | 
a.      
  guru
  mengajak siswa mengingat kembali hal-hal penting yang sudah terjadi dalam kegiatan
  belajar (misalnya mengajukan pertanyaan tentang proses, materi dan kejadian
  lainnya) dan menfasilitasi peserta didik dalam membuat rangkuman  | 
| 
b.     
  Melaksanakan
  tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai
  bagian remidi/pengayaan | 
b.     
  memberikan
  kegiatan/tugas khusus bagi peserta didik yang belum dan telah mencapai
  kompetensi (misalnya dalam bentuk latihan, bantuan belajar, tugas khusus
  sebagai tutor sebaya, dsb) | 
III.  PENILAIAN
PEMBELAJARAN
12.   
Indikator
Kinerja 3.1: Guru
merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar
peserta didik
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen
penilaian dan daftar nilai peserta didik Bahan Ajar, Media
Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir
Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil wawancara dengan guru, dsb.
| 
BUTIR
   PENILAIAN KINERJA | 
RUBRIK
   PENILAIAN | 
| 
a.       Kesesuaian teknik dan jenis
  penilaian (tes lisan, tes tertulis, tes perbuatan) sesuai dengan tujuan
  pembelajaran. | 
a.       apakah jenis dan teknik
  penilai yang direncanakan dalam RPP sesuai dengan tujuan pembelajaran yang
  akan dicapai | 
| 
b.      Alat tes dirancang untuk
  dapat mengukur kemajuan belajar peserta didik dari aspek kognitif, afektif
  dan/atau psikomotorik. | 
b.      apakah alat tes yang
  dikembangkan dapat  mengukur kemajuan
  belajar peserta didik dari berbagai aspek kognitif, psikomotor dan afektif | 
| 
c.       Rancangan penilaian
  portofolio peserta didik minimal 1 kali per semester | 
c.       apakah guru merancang penilaian
  portofolio dalam bentuk pemberian tugas terstruktur (misalnya menulis resensi
  buku, membuat laporan kerja lapangan/studi banding, penelitian kecil, tugas
  proyek, dsb) | 
| 
d.      Hasil analisis penilaian
  sebelumnya (UH, UAS, UN) digunakan 
  untuk keperluan program perbaikan (remedial,  pengayaan, dan/atau menyempurnakan
  rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran) | 
d.      apakah guru melakukan
  analisis hasil penilaian (lihat hasil analisisnya) dan menggunakannya untuk
  penyempurnaan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran. 
Catatan:
  masing-masing pernyataan tersebut di atas dapat juga didiskusikan kepada guru | 
13.   
Indikator
Kinerja 3.1: Guru
menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP.
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen
penilaian dan daftar nilai peserta didik Bahan Ajar, Media
Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir
Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb
| 
BUTIR
   PENILAIAN KINERJA | 
RUBRIK
   PENILAIAN | 
| 
a.       Menggunakan teknik penilaian
  otentik (kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb.) untuk memantau
  kemajuan belajar peserta didik. | 
a.       apakah selama proses
  pembelajaran guru melaksanakan aktifitas penilaian proses untuk mengukur
  kemajuan belajar dengan menggunakan berbagai teknik penilaian (misalnya kuis, pertanyaan lisan, pemberian
  tugas, dsb) | 
| 
b.      Menggunakan teknik penilaian
  (ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester) disusun untuk
  mengukur hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif, afektif dan/atau
  psikomotor. | 
b.      apakah diakhir pembelajaran
  guru melaksanakan aktifitas penilaian berkala untuk mengukur hasil belajar
  dengan menggunakan berbagai teknik penilaian (misalnya ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester) | 
| 
c.       Menerapkan penilaian
  portofolio dalam bentuk tugas terstruktur | 
c.       apakah guru melaksanakan
  penilaian portofolio peserta didik yang dibuktikan dengan hasil tugas-tugas
  terstruktur (misalnya resensi buku, laporan kerja lapangan/studi banding,
  laporan pelaksanaan penelitian kecil, laporan tugas proyek, dsb) | 
| 
d.      Menggunakan alat penilaian
  yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi ajar sebagaimana disusun
  dalam RPP. | 
d.      apakah alat dan teknik
  pelaksanaan penilaian tersebut di atas sesuai dengan materi dan dapat
  mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran | 
14.  
Indikator
Kinerja 3.1: Guru
memanfatkan berbagai  hasil penilaian
untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya
dan  bahan penyusunan rancangan
pembelajaran selanjutnya
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian
dan daftar nilai peserta didik Bahan Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas
Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal
Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan
hasil wawancara dengan peserta didik, orang tua dan mungkin kolega, rencana dan
program pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan, sertifikat
pelaksanaan keprofesian berkelanjutan, dsb
| 
BUTIR
   PENILAIAN KINERJA | 
RUBRIK
   PENILAIAN | 
| 
a.       Menggunakan hasil analisis
  penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang
  dan sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta
  didik untuk keperluan remedial dan pengayaan. | 
a.       apakah guru melakukan dan
  memiliki hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi
  dasar yang mudah, sedang dan sulit untuk kegiatan remedial dan pengayaan | 
| 
b.      Menggunakan hasil penilaian
  untuk menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran | 
b.      apakah hasil penilaian
  digunakan guru dalam penyempurnakan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran (diskusikan dan minta guru menjelaskannya
  dengan menggunakan RPP) | 
| 
c.       Melaporkan kemajuan dan hasil
  belajar peserta didik kepada orang tua, teman guru dan bagi peserta didik
  sebagai refleksi belajarnya | 
c.       apakah guru memiliki catatan
  kemajuan dan hasil belajar peserta didik dan catatan hasil diskusiorang tua
  dan teman sejawat. Guru juga mengembalikan hasil hasil penilaian yang telah
  diberikan komentar kepada peserta didik sebagai refleksi (dapat dilakukan
  melalui wawancara dengan peserta didik, orang tua, dan teman sejawat serta
  menunjukkan hasil tes yang telah dikoreksi dan diberikan komentar) | 
| 
d.      Memanfaatkan hasil penilaian
  secara efektif untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan dan
  masalah potensial untuk peningkatan keprofesian dalam menunjang proses
  pembelajaran | 
d.      guru dapat membuktikan
  kegiatan pengembangan keprofesian yang telah 
  diikutinya didasarkan pada hasil penilaian belajar peserta didik. | 
 






 
 
 Postingan
Postingan
 
 
bisa minta file lengkapnya pak...tlg krm ke gurumuda1974@gmail.com maksh
BalasHapus