RUBRIK
PENILAIAN KINERJA GURU
PETUNJUK
1.
Kumpulkan dokumen perangkat pembelajaran dari guru
sebelum pengamatan pembelajaran, cacatan
hasil pengamatan selama dan sesudah
pembelajaran, serta cacatan kemajuan dan hasil belajar peserta didik.
2.
Baca dengan cermat butir penilaian kinerja dan
rubrik penilaian dan selanjutnya bandingkan hasil analisis dokumen sebelum
pengamatan pembelajaran, cacatan hasil
pengamatan selama dan sesudah
pembelajaran, serta cacatan kemajuan dan hasil belajar peserta didik,
untuk menetapkan butir penilian kinerja terpenuhi atau tidak.
3.
Jika
masing-masing butir dalam
rubrik penilaian terpenuhi secara utuh, maka nyatakan dengan YA dengan memberi
tanda (√) dan jika masing-masing butir pernyataan tersebut hanya sebagian atau
tidak utuh terpenuhi maka nyatakan dengan TIDAK dengan memberi tanda (√).
I. PERENCANAAN
PEMBELAJARAN
1. Indikator Kinerja 1.1: Guru memformulasikan
tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai
dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik.
Dokumen
yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan
lain-lain)
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Tujuan pembelajaran
dirumuskan dan dikembangkan
berdasarkan SK/KD yang akan dicapai.
|
a. Tujuan pembelajaran yang
dirumuskan di RPP telah mencakup semua indikator ketercapaian hasil belajar.
|
b. Tujuan pembelajaran memuat
gambaran proses dan hasil belajar yang dapat dicapai oleh peserta didik
sesuai dengan kebutuhan belajarnya
|
b. Tujuan pembelajaran dalam RPP
dirumuskan dengan kata kerja yang jelas (tidak menimbulkan penafsiran ganda),
dapat dikerjakan (peserta didik dapat melakukannya) dan terukur (dapat
dinilai hasilnya baik secara tertulis, lisan maupun bentuk hasil kerja
peserta didik lainnya
|
c. Tujuan pembelajaran
disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik
|
c. Tujuan pembelajaran di RPP
dijenjangkan sesuai dengan tingkat an kelas
|
2. Indikator 1.2 Guru menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual
dan mutakhir.
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan
lain-lain)
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Bahan ajar disusun dari yang
sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai
dengan tujuan pembelajaran
|
a. Bahan ajar disusun dari yang
sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai
dengan tujuan pembelajaran
|
b. Keluasan dan kedalaman bahan
ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik (termasuk yang cepat
dan lambat,motivasi tinggi dan rendah)
|
b. Keluasan dan kedalaman bahan
ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik, misalnya peserta
didik yang belajarnya cepat atau lambat, peserta didik yang memiliki motivasi
tinggi dan rendah
|
c. Bahan ajar dirancang sesuai
dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
c. Bahan ajar dirancang sesuai
dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
d. Bahan ajar dirancang dengan
menggunakan sumber yang bervariasi (tidak hanya buku pegangan peserta didik)
|
d. Bahan ajar dirancang dengan
menggunakan sumber yang bervariasi aatau guru mengajar tidak hanya
menggunakan buku pegangan peserta didik tetapi juga sumber-sumber lain yang
relevan
|
3. Indikator Kinerja 1.3: Guru merencanakan kegiatan
pembelajaran yang efektif
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan
lain-lain)
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Strategi, pendekatan, dan
metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai /kompetensi harus dikuasai peserta didik.
|
a. Strategi, pendekatan, dan
metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai /kompetensi harus dikuasai peserta didik.
|
b. Strategi dan metode
pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik
|
b. Strategi dan metode
pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik
|
c. Strategi dan metode
pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif,
afektif, dan psikomotor peserta didik.
|
c. Strategi dan metode
pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif,
afektif, dan psikomotor peserta didik.
|
d. Setiap tahapan pembelajaran
diberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat
kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar peserta didik.
|
d. Setiap tahapan pembelajaran
diberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat
kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar peserta didik
|
4.
Indikator
Kinerja 1.4: Guru
memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi
pembelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan
lain-lain)
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Sumber belajar/media
pembelajaran yang dipilih dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran
atau kompetensi yang ingin dicapai (misalnya buku, modul untuk kompetensi
kognitif; media audio visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan).
|
a. Sumber belajar/media
pembelajaran yang dipilih (misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif;
media audio visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan)dapat dipakai
untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai.
|
b. Sumber belajar/media
pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta
didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu
senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).
|
b. Sumber belajar/media
pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta
didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu
senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).
|
c. Sumber belajar/media
pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif,
afektif, dan psikomotor peserta didik.
|
c. Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan
tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
|
II. PELAKSANAANKEGIATAN
PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
5.
Indikator
Kinerja 2.1: Kemampuan Memulai Pembelajaran yang Efektif
Membuka Proses Pembelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan
lain-lain)
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Melakukan apersepsi
|
a.
mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya (termasuk kemampuanprasyarat), mengajukan pertanyaan
menantang, menyampaikanmanfaat materi pembelajaran, mendemonstrasikan
sesuatuyang terkait dengan materi pembelajaran
|
b. Menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai dalam rencana kegiatan
|
b.
menyampaikan
kemampuan yang akan dicapai dengan bahasa peserta didik, misalnya dengan
mengatakan bahwa setelahpembelajaran selesai siswa dapat menjelaskan
faktor-faktorpenyebab gempa bumi. Rencana kegiatan misalnya, individual,kerja
kelompok, dan melakukan observasi
|
6.
Indikator
Kinerja 2.2: Penguasaan Materi Pelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, catatan
hasil wawancara dengan guru, dsb.
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Kemampuan menyesuiakan
materi dengan tujuan pembelajaran.
|
a. materi yang disampaikan
sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan dalam RPP
|
b. materi
yang disampaikan dikaitkan dengan bidang studi lainnya, misalnya mengaitkan
aristmatik (operasi bilangan)dengan
IPS (transaksi ekonomi).
|
|
c. Tingkat ketepatan
pembahasan dengan materi pembelajaran.
|
c. materi
ajar sesuai dengan topik yang dibahas
|
d. Kemampuan
menyajikan materi secara sistematis
(mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
d. materi
disampaikan secara sistematis (mudah
ke sulit, dari konkrit ke abstrak
|
7.
Indikator
Kinerja 2.3: Pendekatan/Strategi pembelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan
hasil pengamatan pembelajaran, catatan hasil wawancara dengan peserta didik,
dsb.
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a.
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
|
a. materi, strategi dan
kegiatan belajar sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai (kognitif, psikomotor, dan afektif)
|
b.
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
b. Materi disajikan sistematis dengan menggunakan stragi
pembelajaran yang tepat
|
c.
Menguasai
kelas
|
c. Perhatian peserta didik
terfokus pada belajar, disiplin kelas terpelihara, dan kelas terkendali
|
d.
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
d. materi ajar
disampaikansesuai dengan kondisi kehidupan nyata dan memiliki manfaat dalam
kehidupan sehari-hari peserta didik
|
e.
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant
effect)
|
e. kegiatan belajar dapat
mendorong kebiasaan peserta didik untuk bekerjasama, saling menghargai,
bertanggung-jawab berpikir kritis, dsb.
|
f.
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
f.
pembelajaran dimulai dan diakhiri sesuai dengan
alokasi waktu yang disediakan
|
8.
Indikator
Kinerja 2.3: Pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, hasil
wawancara dengan siswa, dsb
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a.
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran
|
a.
guru terampil
memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar lainnya serta dapat menggunakan
media pembelajaran (alat laboratorium, TIK, media lainnya) untuk mencapai target sesuai dengan alokasi
waktu
|
b.
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
b.
media
yang digunakan dapat menusatkan perhatian peserta didik, sehingga pesan dapat
ditangkap dengan jelas
|
c.
Melibatkan
siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
|
c.
peserta
didik dilibatkan dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media
pembelajaran
|
9.
Indikator
Kinerja 2.4: Pembelajaran yang memicu dan memelihara
keterlibatan siswa
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media
Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamtan pembelajaran
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a.
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar
|
a.
kegiatan
pembelajaran yang dilaksanakan mendorong interaksi aktif antara guru dengan
peserta didik antar peserta didik secara mental, emosional, maupun fisik
|
b. Merespon positif partisipasi
siswa
|
b.
guru
merespon positif terhadap aktifitas peserta didik (misalnya memberikan
pujian, meminta peserta didik lain untuk menanggapi peserta didik lain,
menegur yang melanggar disipilin tanpa harus merendah harga diri yang
ditegur, dsb)
|
c.
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respons siswa
|
c.
guru
menghargai pendapat peserta didik, mengakui kebenaran dan mengakui
keterbatasan diri peserta didik
|
d.
Menunjukkan
hubungan antarpribadi yang kondusif
|
d.
menunjuk
sikap ramah, luwes, hangat, sopan,
menghargai keragaman budaya dan latar belakang peserta didik
|
e. Menumbuhkan keceriaan dan
antusisme siswa dalam belajar
|
e. suasana belajar yang
menyenang dan menarik
|
10.
Indikator
Kinerja 2.4: Penggunaan bahasa
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media
Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a.
Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
a.
bahasa
lisan yang digunakan guru mudah,jelas dan tidak menimbulkan salah tafsir
serta dapat dimengerti oleh peserta didik sesuai tingkat perkembangannya
|
b.
Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar
|
b.
bahasan
tulisan (misalnya RKS, soal, modul, dsb)
yang digunakan memenuhi kaidah bahasa
yang benar, mudah,jelas dan tidak menimbulkan salah tafsir serta dapat
dimengerti oleh peserta didik sesuai tingkat perkembangannya
|
c.
Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai
|
c.
informasi
disampaikan dengan ekspresi wajah, intonasi suara, gerak tubuh sesuai dengan
pesan yang disampaikan
|
11.
Indikator
Kinerja 2.5: Kemampuan Mengakhiri Pembelajaran yang Efektif
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media
Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan
kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a.
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
a.
guru
mengajak siswa mengingat kembali hal-hal penting yang sudah terjadi dalam kegiatan
belajar (misalnya mengajukan pertanyaan tentang proses, materi dan kejadian
lainnya) dan menfasilitasi peserta didik dalam membuat rangkuman
|
b.
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai
bagian remidi/pengayaan
|
b.
memberikan
kegiatan/tugas khusus bagi peserta didik yang belum dan telah mencapai
kompetensi (misalnya dalam bentuk latihan, bantuan belajar, tugas khusus
sebagai tutor sebaya, dsb)
|
III. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
12.
Indikator
Kinerja 3.1: Guru
merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar
peserta didik
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen
penilaian dan daftar nilai peserta didik Bahan Ajar, Media
Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir
Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil wawancara dengan guru, dsb.
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Kesesuaian teknik dan jenis
penilaian (tes lisan, tes tertulis, tes perbuatan) sesuai dengan tujuan
pembelajaran.
|
a. apakah jenis dan teknik
penilai yang direncanakan dalam RPP sesuai dengan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
|
b. Alat tes dirancang untuk
dapat mengukur kemajuan belajar peserta didik dari aspek kognitif, afektif
dan/atau psikomotorik.
|
b. apakah alat tes yang
dikembangkan dapat mengukur kemajuan
belajar peserta didik dari berbagai aspek kognitif, psikomotor dan afektif
|
c. Rancangan penilaian
portofolio peserta didik minimal 1 kali per semester
|
c. apakah guru merancang penilaian
portofolio dalam bentuk pemberian tugas terstruktur (misalnya menulis resensi
buku, membuat laporan kerja lapangan/studi banding, penelitian kecil, tugas
proyek, dsb)
|
d. Hasil analisis penilaian
sebelumnya (UH, UAS, UN) digunakan
untuk keperluan program perbaikan (remedial, pengayaan, dan/atau menyempurnakan
rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran)
|
d. apakah guru melakukan
analisis hasil penilaian (lihat hasil analisisnya) dan menggunakannya untuk
penyempurnaan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran.
Catatan:
masing-masing pernyataan tersebut di atas dapat juga didiskusikan kepada guru
|
13.
Indikator
Kinerja 3.1: Guru
menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP.
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen
penilaian dan daftar nilai peserta didik Bahan Ajar, Media
Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir
Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Menggunakan teknik penilaian
otentik (kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb.) untuk memantau
kemajuan belajar peserta didik.
|
a. apakah selama proses
pembelajaran guru melaksanakan aktifitas penilaian proses untuk mengukur
kemajuan belajar dengan menggunakan berbagai teknik penilaian (misalnya kuis, pertanyaan lisan, pemberian
tugas, dsb)
|
b. Menggunakan teknik penilaian
(ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester) disusun untuk
mengukur hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif, afektif dan/atau
psikomotor.
|
b. apakah diakhir pembelajaran
guru melaksanakan aktifitas penilaian berkala untuk mengukur hasil belajar
dengan menggunakan berbagai teknik penilaian (misalnya ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester)
|
c. Menerapkan penilaian
portofolio dalam bentuk tugas terstruktur
|
c. apakah guru melaksanakan
penilaian portofolio peserta didik yang dibuktikan dengan hasil tugas-tugas
terstruktur (misalnya resensi buku, laporan kerja lapangan/studi banding,
laporan pelaksanaan penelitian kecil, laporan tugas proyek, dsb)
|
d. Menggunakan alat penilaian
yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi ajar sebagaimana disusun
dalam RPP.
|
d. apakah alat dan teknik
pelaksanaan penilaian tersebut di atas sesuai dengan materi dan dapat
mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
|
14.
Indikator
Kinerja 3.1: Guru
memanfatkan berbagai hasil penilaian
untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya
dan bahan penyusunan rancangan
pembelajaran selanjutnya
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian
dan daftar nilai peserta didik Bahan Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas
Tertruktur Peserta Didik, Jurnal
Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan
hasil wawancara dengan peserta didik, orang tua dan mungkin kolega, rencana dan
program pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan, sertifikat
pelaksanaan keprofesian berkelanjutan, dsb
BUTIR
PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Menggunakan hasil analisis
penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang
dan sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta
didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
|
a. apakah guru melakukan dan
memiliki hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi
dasar yang mudah, sedang dan sulit untuk kegiatan remedial dan pengayaan
|
b. Menggunakan hasil penilaian
untuk menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran
|
b. apakah hasil penilaian
digunakan guru dalam penyempurnakan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran (diskusikan dan minta guru menjelaskannya
dengan menggunakan RPP)
|
c. Melaporkan kemajuan dan hasil
belajar peserta didik kepada orang tua, teman guru dan bagi peserta didik
sebagai refleksi belajarnya
|
c. apakah guru memiliki catatan
kemajuan dan hasil belajar peserta didik dan catatan hasil diskusiorang tua
dan teman sejawat. Guru juga mengembalikan hasil hasil penilaian yang telah
diberikan komentar kepada peserta didik sebagai refleksi (dapat dilakukan
melalui wawancara dengan peserta didik, orang tua, dan teman sejawat serta
menunjukkan hasil tes yang telah dikoreksi dan diberikan komentar)
|
d. Memanfaatkan hasil penilaian
secara efektif untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan dan
masalah potensial untuk peningkatan keprofesian dalam menunjang proses
pembelajaran
|
d. guru dapat membuktikan
kegiatan pengembangan keprofesian yang telah
diikutinya didasarkan pada hasil penilaian belajar peserta didik.
|
bisa minta file lengkapnya pak...tlg krm ke gurumuda1974@gmail.com maksh
BalasHapus