PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK)
LOMBA CERDAS CERMAT (LCC)
SEKOLAH
DASAR TINGKAT KECAMATAN BANJARNEGARA
TAHUN 2014
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pendidikan Indonesia diarahkan
untuk membentuk manusia seutuhnya. Pendidikan bagian dari pembentukan budi daya
memberi kontribusi besar terhadap pembentukan jati diri yang berakar pada
budaya bangsa. Dalam pendidikan terkandung unsur pengetahuan ( knowledge ) ,
ketrampilan ( skill ), dan sikap ( attitude ) yang terpadu dalam kreatifitas
dan kepribadaian siswa. Hal tersebut merupakan tuntutan agar peningkatan mutu
dibidang pendidikan harusselalu dibina, antara lain melalui pembinaan
kesiswaan, sebagai salah satu wadah untuk mendorong peningkatan motivasi
berprestasi peserta didik dibidang akademik.
Seiiring dengan upaya
peningkatan mutu pendidikan , maka Dinas Pendidikan Pendidikan Pemuda dan
Olahraga memprogramkan pembinaan kesiswaan kepada peserta didikyang bertujuan
agar para siswa mampu tumbuh menjadi insan-insan yang bermutu dan memilkiki
daya saing yang meningkat melalui penyelenggaran kompetisi dibidang pengetahuan
umum, yang dirumuskan melalui kegiatan Lomba Cerdas Cermat Siswa SD tingkat kabupaten
Lomba Cerdas Cermat siswa SD
menuntut peserta kompetisi tidak hanya mampu berpikir cerdas dan cepat dalam
menjawab dan menyelesaikan persoalan serta permasalahan berkaitan dengan
aplikasi Matematika, IPA dan Sastra Indonesia juga menuntut para siswa mampu
dan teliti melalui kegiatan permainan praktek. Semakin terbiasa para peserta didik
dalam beraktifitas kompetisi dibidang ini maka akan semakin tinggi kesempatan
peserta didik kita untuk dapat belajar dari pengalaman berkompetisi secara
sportif dan edukatif
0 komentar:
Posting Komentar